banner 500x500

Peringatan HLN Ke- 77 PLN, Wabup Jakaria dampingi GM UIW Kaltimra Resmikan Penyalaan Listrik Desa

MALINAU, cokoliat.com –
Program Listrik Desa yang terus digencarkan oleh PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur – Kalimantan Utara terus merambah setiap pelosok di wilayah pedalaman dan perbatasan.

Lewat sinergitas yang baik bersama Pemerintah Daerah setempat, secara berjenjang kini sebagian besar masyarakat desa telah banyak yang menikmati program tersebut.

Masih dalam momen peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-77, PLN meresmikan masuknya listrik ke- 2 desa yang tersebar di Malinau dan Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Ditambah dengan 5 Desa lainnya yang berlokasi di Kabupaten Bulungan.

Peresmian yang digelar di Kantor PLN ULP Malinau, Senin (31/10/2022) tersebut, turut dihadiri jajaran PLN Unit Wilayah Kaltim-Kaltara, Wakil Bupati Malinau, Jakaria SE.,M.Si, beserta unsur Muspida Malinau dan unsur Muspida Kabupaten Nunukan.

Diketahui, Ke-7 desa tersebut diantaranya Desa Labang, Sumantipal, Ngawol, Bululaun Hilir, Lagas yang berlokasi di Kabupaten Nunukan. Kemudian, Desa Sengayan di Kabupaten Malinau. Lalu, Dusun Sungai Urang dan Desa Tanjung Palas yang berlokasi di Kabupaten Bulungan.

Peresmian Penyalaan Listrik dilakukan langsung oleh General Manager PLN UIW Kaltimra Joice Lanny Wantania, bersama Anggota DPR RI Deddy Sitorus dan Wakil Bupati Malinau Jakaria.

Dalam kesempatannya, General Manager PLN UIW Kaltimra Joice Lanny Wantania menyampaikan, di 3 Kabupaten tersebut, PLN telah melistriki 215 pelanggan baru.

Kedepannya masih terdapat potensi penambahan pelanggan dari sekolah, rumah ibadah, hingga Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

“Komitmen PLN untuk mewujudkan listrik yang berkeadilan akan terus dikobarkan demi mewujudkan 100 persen desa Kaltim dan Kaltara teraliri listrik PLN di tahun 2024 mendatang,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jakaria SE.,M.Si dalam sambutannya mengatakan, secara khusus Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Utara, PLN UP3 Berau, dan PLN UP2K Kaltara.

“Terimakasih telah membangun negeri lewat pelayanan kelistrikan kepada masyarakat khususnya bagi masyarakat yang berada di ke- 2 Desa yakni, Kabupaten Malinau dan Kabupaten Nunukan,” ucapnya.

Wabup Jakaria menyebutkan, kehidupan di era saat ini sangat dimudahkan dengan berbagai perkembangan teknologi dan sebagainya. Begitu pula dengan adanya akses jaringan listrik di tengah masyarakat yang hidup di zaman yang serba canggih saat ini.

“Listrik sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi rumah tangga, dunia usaha, perkantoran, pendidikan dan lain sebagainya. Untuk itu, dengan mulai nya teraliri nya jaringan listrik pada sejumlah desa di Kalimantan Utara ini, saya berharap warga dapat manfaatnya dan dapat menunjang segala aktivitas sehari-hari,” ungkapnya.

Ia berpesan, gunakanlah listrik dengan bijak dan aman. Khususnya untuk lebih meningkatkan kesejahteraan keluarga, ekonomi desa maupun mutu pendidikan yang ada di desa dan sekitarnya.

Ia menilai, dengan adanya jaringan listrik di ke-2 Desa ini menjadi bukti dari upaya Pemerintah hadir memberikan pelayanan untuk masyarakatnya.

Lebih lanjut, Wabup Jakaria pun sangat bersyukur direncanakan bahwa ada dua desa yang akan teraliri jaringan listrik, yakni Desa Paking dan Desa Harapan Maju, Kabupaten Malinau.

“Kita perlu apresiasi atas semangat dan komitmen PT. PLN (Persero) yang ditargetkan pada tahun 2024 wilayah Kabupaten Malinau sudah teraliri jaringan listrik 100 persen,” katanya.

“Sebagai Pemerintah Daerah kami sangat siap mendukung PT. PLN (Persero) terkait pembangunan pelayanan kelistrikan bagi masyarakat di Kabupaten Malinau,” pungkasnya.(ag)