Bupati Apresiasi Adat Bulungan, Tampilkan Sejarah Budaya Leluhur

 

MALINAU, Cokoliat.com – Lembaga Adat Bulungan Kabupaten Malinau ikut ambil bagian dalam memeriahkan IRAU ke- 10 dan HUT Kabupaten Malinau ke- 24 tahun, dengan menampilkan atraksi seni dan budaya di Panggung Budaya Padan Liu’ Burung, Jum’at (20/10/2023).

Lembaga Adat Bulungan menampilkan atraksi seni budaya berjudul “Petujul atau Memberi Makan (Makhlus Halus)” yakni prosesi adat pengobatan tradisional adat kampung Suku Bulungan. Prosesi ini ditampilkan dalam sebuah drama cerita rakyat.

“Apa yang kita saksikan tadi adalah budaya leluhur yang memang ada dan perlu diketahui oleh kita sebagai masyarakat yang berbudaya. Artinya situasi budaya itu bergeser karena kepercayaan,” ujar Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H.

Wempi memberikan apresiasi kepada Lembaga Adat Bulungan yang sudah menggali sejarah yang mungkin belum diketahui masyarakat luas. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Adat Bulungan yang terus mempertahankan dan melestarikan budayanya.

“Ini penting bagi kita di Kabupaten Malinau secara khusus saling mengenal adat istiadat budaya yang hidup dan berkembang di tengah-tengah kita,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati memberikan apresiasi kepada seluruh warga Bulungan yang telah mengambil bagian bersama-sama dengan seluruh masyarakat Malinau dalam membangun, merawat, menjaga dan mengisi pembangunan di Kabupaten Malinau.

“Mari kita terus bersinergi, bergandeng tangan untuk mencapai visi misi serta ikut serta dalam mensukseskan 5 program inovasi daerah yang menjadi komitmen kita bersama,” tuturnya. (ck10)