Pembukaan Irau, Karnaval Peserta Catatkan Rekor Muri

MALINAU, cokoliat.com—Pembukaan HUT ke-24 dan Pesta Budaya Irau ke -10 Kabupaten Malinau pada Sabtu, (7/10) berlangsung semarak. Pembukaan dihadiri puluhan ribu warga dari berbagai pelosok. Di antara mereka mewakili lembaga etnis dan paguyuban serta instansi pemerintah, pendidikan dan perusahaan.

Pembukaan HUT dan Irau juga mencatatkan  rekor Muri dengan jumlah parade  saung atau kedabang terbanyak. Museum Rekor Muri Indonesia mencatat Irau Malinau 2023 berhasil memecahkan rekor baru sebagai parade Saung terbanyak di dunia.

Bupati Malinau, Wempi W. Mawa menerangkan rekor Muri dapat diraih atas inisiatif dan partisipasi warga yang tersebar di seluruh Malinau.

“Hari ini, Malinau mendapatkan penghargaan dari Rekor Muri Indonesia dengan jumlah parade saung terbanyak nasional bahkan di dunia. Ini tak akan bisa kita capai, tanpa partisipasi aktif masyarakat dan seluruh elemen,” ungkapnya.

Menurut Wempi rekor  tersebut merupakan gambaran kebhinekaan dan persatuan masyarakat Malinau. Kebhinekaan tersebur terlihat juga pada corak budaya para peserta yang ditampilkan dalam acara karnaval.

Penghargaan atas rekor  Muri Parade Saung Terbanyak diserahkan Manajer Senior Rekor Muri Indonesia, Triyono kepada Bupati Wempi W. Mawa di sela prosesi pembukaan HUT dan Irau Malinau 2023.