Berita  

Mutasi, Kapolsek Kayan Hulu Dilepas Haru

MAKINAU, cokoliat.com–Suasana haru menyelimuti acara perpisahan mantan Kapolsek Kayan Hulu IPTU Riduan Situmorang kepada para dewan guru serta siswa/siswi Sekolah Dasar (SD) Negeri 005 dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 002 di Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau, Rabu (31/5).

Pasalnya, IPTU Riduan Situmorang saat ini menempati posisi jabatan baru sebagai Kasiwas Polres Malinau, dan posisi sebagai Kapolsek Kayan Hulu saat ini digantikan oleh IPDA Al Fathan Bimo Pratama, S.Tr.K., yang sebelumnya menjabat sebagai Kaurbinopsnal (KBO) Satlantas Polres Malinau.

Acara perpisahan yang dikemas sederhana itu berlangsung di halaman depan Sekolah yang diawali dengan sambutan perwakilan para dewan guru serta penyampaian pesan dan pamit dari IPTU Riduan Situmorang yang kemudian dilanjutkan salam-salaman, penyerahan cinderamata dari dewan guru untuk mantan Kapolsek Kayan Hulu.

IPTU Riduan Situmorang dalam acara perpisahan tersebut mengatakan perpindahan tugas seorang Kapolsek ini merupakan hal wajar dalam dinamika organisasi yang dinamis di Kepolisian. Hal tersebut dilakukan dalam rangka penyegaran, pengembangan karier dan peningkatan kinerja personel Polri agar lebih profesional.

“Pergantian Kapolsek ini hal biasa, perpindahan tugas ini dalam rangka penyegaran dan peningkatan kinerja atau jenjang karier di lingkungan organisasi Polri. Dengan mutasi jabatan ini diharapkan akan berdampak terhadap pelaksanaan tugas-tugas pokok yang telah dirumuskan, sehingga akan berjalan secara efektif dan efisien dalam mereformasi diri serta sekaligus meningkatkan kualitas kinerja secara professional,” ungkap Riduan

Lanjutnya, IPTU Riduan Situmorang mengungkapkan, ikatan batin yang sedemikian erat antara siswa/siswi dan para dewan guru, melahirkan momen penuh cinta dan kasih sayang. Hal ini selaras dengan motonya sejak awal bertugas sejak akhir tahun 2020 lalu dengan menghadirkan kebahagiaan dan kenyamanan serta untuk memberikan motivasi semangat belajar kepada para siswa/siswi di perbatasan khususnya diwilayah Kecamatan Kayan Hulu yang berbatasan dengan Malaysia.

“Hubungan yang telah dibangun selama kurang lebih 2 setengah tahun ini melahirkan kepercayaan dan membuat siswa/siswi dan para guru disini saya anggap seperti keluarga sendiri yang membuat keeratan tali silaturahmi ini merasa berat hati melepaskan anak didik saya. Saya berharap kepada para siswa/siswi kesayangan saya disini untuk tetap menanamkan sikap disiplin, rajin belajar dalam menuntut ilmu dan tidak terlibat dalam kenakalan remaja. Generasi muda yang tangguh tidak saja harus memiliki kecerdasan akademik, namun harus diiringi dengan sikap dan perilaku baik agar dapat meraih masa depan yang cerah dan dapat membanggakan keluarga, bangsa dan negara,” pungkasnya

Kepala Sekolah SMP Negeri 002 Kayan Hulu, Oktariani, S.Pd., saat dikonfirmasi turut menyampaikan rasa terima kasih kepada IPTU Riduan Situmorang, atas jasa dan pegabdiannya selama menjabat sebagai Kapolsek Kayan Hulu. Ia juga mengaku bahwa selama kepemimpinanya sebagai Kapolsek Kayan Hulu, IPTU Riduan Situmorang sangat aktif untuk memberikan materi pembelajaran kepada anak didiknya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Riduan yang telah membantu kami memberikan materi-materi dan motivasi semangat belajar kepada siswa/siswi disini selama bertugas di Kayan Hulu, dan juga tidak lupa kami juga mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru untuk Pak Riduan,” ujar Oktariani

Kemudian, Kepala Sekolah SD Negeri 005 Kayan Hulu Hen Lie, S.Pd., juga mengungkapkan hal yang sama, kendati tidak terlalu lama beliau (IPTU Riduan Situmorang) bertugas di wilayahnya, ia mengaku bahwa kunjungan yang sering dilakukanya tersebut membuat sejumlah siswa/siswinya terharu saat berpamitan pagi ini.

“Pak Riduan ini sering ke sekolah kami, selain silaturahmi kepada guru-guru disini, beliau juga menyampaikan setidaknya sedikit materi-materi dasar pembelajaran kepada murid kami. Ada juga mereka nangis, semoga sukses Pak Riduan ditempat yang baru,” kata Hen Lie

Acara perpisahan mantan Kapolsek Kayan Hulu IPTU Riduan Situmorang kepada para dewan guru serta siswa/siswi Sekolah Dasar (SD) Negeri 005 dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 002 tersebut ditutup dengan salam-salaman dan pemberian cinderamata, tidak sedikit diantara para guru dan muridnya juga meneteskan air mata.(ratih)