Satgas Pamtas Yon Armed 5/105 Tarik/PG Berikan Sosialisasi Kesehatan dan Pendidikan Seks Pada Siswa SMA  Malinau

MALINAU, cokoliat.com–Satgas Pamtas Yon Armed 5/105 Tarik/PG bidang teritorial bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malinau melaksanakan sosialisasi Kesehatan di SMAN 1 Malinau dengan materi Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan pendidikan seks untuk mencegah seks bebas dan infeksi menular seksual (IMS) di kalangan remaja.

“BHD adalah pertolongan pertama yang dilakukan pada korban henti jantung atau henti napas sebelum ditangani oleh tenaga medis atau rumah sakit. Sosialisasi kesehatan ini dilaksanakan sebagai bentuk menumbuhkan kepedulian anak-anak remaja terhadap kasus-kasus cedera saat kecelakaan, sehingga penting diberikan materi kesehatan lapangan yaitu BHD,” kata Dansatgas Mayor Arm Yan Octa Rombenanta, Jumat (26/08).

Materi BHD disampaikan oleh dokter Satgas Pamtas Letda Ckm dr Yudia Kuntara.

Mayor Yan Octa menambahkan untuk pencegahan seks bebas di kalangan remaja sehingga penting dilakukan pendidikan seks untuk memberikan pengetahuan kesehatan reproduksi dan pencegahan penyakit IMS. Materi pendidikan seks ini disampaikan oleh dr Alfonsius Rapa dari Dinkes Malinau di hadapan 200 peserta sosialisasi dari Kelas XI, SMAN 1 Malinau.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Malinau Lipang Pari memberi apresiasi terhadap kegiatan sosialisasi kesehatan kepada Satgas Pamtas Yon Armed 5 dan Dinkes Malinau.

“Kedua materi sangat dibutuhkan oleh siswa sehingga dengan sosialisasi ini siswa akan mengerti tentang kesehatan dan cara menjaga kesehatan serta penanganan apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan dalam kesehatan ,” kata Lipang Pari

Lipang Pari berharap siswa yang sudah menerima sosialisasi akan membagikan ilmu yang didapat ke siswa lainnya, dan meminta agar Satgas Pamtas kembali memberi sosialisasi materi khusus terkait penerimaan anggota TNI kepada kelas XII. Pada kesempatan tersebut, Pasiter Satgas Pamtas Letda Arm Erwan S memberikan plakat kepada Lipang pari sebagai tanda ucapan terima kasih pada pihak sekolah telah membantu dalam pelaksanaan kegiatan sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik. (ck2)