Perkuat Keakuratan Data Stunting, Pemkot Gelar Bimtek Petugas Input Data

Bimtek Petugas Input Data 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting pada Web Aksi Bangda Kemendagri di Hotel Grand Sawit, Rumbia Meeting Room, Rabu (09/10/2024).

SAMARINDA, Cokoliat.com – Perkuat langkah pengelolaan data stunting, Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (BAPERRIDA) Kota Samarinda menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Petugas Input Data 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting pada Web Aksi Bangda Kemendagri di Rumbia Meeting Room Hotel Grand Sawit, Rabu (09/10/2024).

Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 12.00 WITA ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai dinas dan lembaga, termasuk Dinas PUPR, Kesbangpol, Dinas Sosial, Disketapangtani, Diskominfo, dan Disdikbud Kota Samarinda.

Selain itu, turut hadir perwakilan dari BAPPEDA Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili oleh Ahmad Riadi.

Dalam sambutannya, Imam Gunadi, S.TP, yang memimpin jalannya acara, menekankan pentingnya kolaborasi antarinstansi dalam pengelolaan data di tiap desa, khususnya di Kota Samarinda. Ia juga menyoroti perlunya sosialisasi yang lebih luas agar aksi konvergensi penurunan stunting dapat dipahami oleh seluruh masyarakat dan dapat berjalan dengan lancar.

Ahmad Riadi, perwakilan dari BAPPEDA Provinsi Kalimantan Timur, dalam kesempatannya menyampaikan bahwa evaluasi menyeluruh terhadap pengisian aplikasi web Bangda Kemendagri sangat diperlukan. Ia menekankan bahwa laporan data yang akurat akan menjadi landasan penting dalam melaporkan sebaran kasus stunting, cakupan layanan, serta penilaian kinerja daerah dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

“Melalui Bimtek ini, diharapkan para petugas penginput data dapat melaporkan data dengan benar sehingga strategi percepatan penurunan stunting di seluruh daerah dapat berjalan efektif,” ujarnya.

Acara berlangsung tertib dan lancar, ditutup dengan diskusi interaktif yang diharapkan dapat memperkuat langkah-langkah ke depan dalam pengelolaan data stunting di Kota Samarinda dan sekitarnya. (*)