Berau  

Perayaan Abutta Banua Sambaliung Jaga Kelestarian Budaya dan Kearifan Lokal

Ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Asisten 1 M Hendratnob yang diserahkan kepada Pemangku Kesultanan Sambaliung, Sultan Muda Perkasa Datu Amir menjadi tanda dimulainya Abutta Banua Sambaliung.

SAMBALIUNG, Cokoliat.com – Kelurahan Sambaliung kembali merayakan Abutta Banua yang merupakan peringatan hari jadi yang ke-22, dirangkai dengan HUT ke-4 PKL Basuli ke- 4., di depan Keraton Kesultanan Sambaliung, Sabtu (05/10/2024).

Kkegiatan dibuka Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Berau, Hendratno yang mewakili Pjs Bupati Berau, Sufian Agus.

Rangkaian hari jadi Kelurahan Sambaliung tersebut akan dilaksanakan selama 7 hari ke depan. Dengan berbagai macam perlombaan bertema kedaerahan hingga senam dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Hendratno menyampaikan Abutta Banua Sambaliung ini menjadi momen yang tepat untuk mengevaluasi apa yang telah tercapai dalam pembangunan di berbagai sektor, baik infrastruktur, pendidikan, kesehatan, maupun ekonomi.

“Dengan adanya Abutta Banua ini, pertama bisa menjaga kelestarian budaya dan kearifan lokal kita. Dan juga melalui PKL Basuli ini diharapkan perputaran ekonomi masyarakat terus meningkat,” ucapnya.

Sementara itu, Lurah Sambaliung, Iskandar Zulkarnain menjelaskan, selain memperingati hari jadi kelurahan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memelihara adat istiadat, peningkatan ekonomi dan juga mempererat tali silaturahmi antar sesama masyarakat, khususnya masyarakat Sambaliung.

“Melalui momentum ini kita hidupkan adat Banua yang akan menggairahkan kembali semangat dalam menjaga eksistensi kebudayaan ditengah kemajuan teknonologi,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, tidak hanya tarian khas Berau saja yang ditampilkan, juga menampilkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Yang diharapkan memberikan dampak peningkatan ekonomi untuk masyarakat di wisata kuliner Tepian Sambaliung.

“Saya berharap masyarakat dapat menikmati rangkaian acara ini dengan baik dan khususnya UMKM dapat meningkatkan pendapatan mereka melalui kegiatan ini,” pungkasnya. (*)