Berau  

Pemkab Berau Dorong Gaya Hidup Sehat Melalui Germas

Dinas Kesehatan melaksanakan Pertemuan Kordinasi Mitra dan dukungan melaksanakan Germas, di ruang RPJPD Bapelitbang, Kamis (03/04/2024)

TANJUNG REDEB, Cokoliat.com – Dalam rangka meningkatkan hidup sehat, Dinas Kesehatan melaksanakan Pertemuan Kordinasi Mitra dan dukungan melaksanakan Germas, di ruang RPJPD Bapelitbang, Kamis (03/04/2024). Kegiatan dibuka oleh Asisten 1 Pemerintah dan Kesra, M Hendratno.

Kepala Dinas Kesehatan, Lamlay Sarie mendorong masyarakat meningkatkan gaya hidup sehat sesuai dengan Instruksi Presiden RI Tahun 2017. Ia sebutkan komponen yang dapat dilakukan dalam menggalakkan Germas.

Diantaranya melakukan aktifitas fisik, konsumsi buah dan sayur, memeriksa kesehatan secara berkala, peningkatan edukasi hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi serta peningkatan perilaku hidup sehat.

“Pembudayaan Germas diperlukan dalam mempercepat dan mensinergikan upaya promotif dan preventif hidup sehat. Guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit,” katanya.

Mewakili Sekkab Berau, Muhammad Said menyampaikan, mengapresiasi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai wujud dan peran serta kita dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Berau.

“Untuk meningkatkan gaya hidup sehat, mari kita terapkan perilaku hidup sehat, dengan Germas kita melakukan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama –sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,”ungkapnya.

Dihadiri oleh Mitra Yang mendukung pelaksanaan Germas, BPJS Kesehatan, OPD lintas sektor, Para camat dan Kepala Kampung se Kabupaten Berau dan TP PKK serta Kader Posyandu, Acara diakhiri dengan senam peregangan Germas dan foto bersama. (*)