Upaya Panglima TNI dan Kapolri Tekan Angka Covid-19 di Wilayah Perbatasan

TARAKAN, Cokoliat.com –
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito, Jum’at (6/8) lalu meninjau penanganan Covid-19 di wilayah perbatasan Provinsi Kalimantan Utara.

Kunjungan para rombongan pejabat tinggi tersebut di bumi Benuanta tepatnya di Kota Tarakan mendapat sambutan langsung dari Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang bersama jajaran Bupati dan Walikota.

Pada kegiatan tersebut, Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang dalam kesempatannya memaparkan mengenai progres percepatan vaksinasi dan penanganan Covid-19 di wilayahnya.

Usai paparan yang disampaikan Gubernur Kaltara, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebutkan ada potensi kenaikan angka Covid-19 di wilayah Kalimantan Utara. Terlebih progres vaksinasi juga terhitung masih rendah capaiannya.

“Untuk itu Polres jajaran di daerah juga harus gencar melakukan giat preemtif dengan melakukan pendekatan para tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat. Perlu edukasi penggunaan masker secara masif,” kata Kapolri dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/8/2021).

Selain itu, Kapolri juga meminta jajarannya di daerah memastikan kelancaran distribusi vaksin dan kegiatan vaksinasi massal bagi masyarakat khususnya di wilayah perbatasan.

“Giatkan tracing, tracking serta testing. Dimana hal tersebut juga harus dipastikan dengan ketersediaan alat swab antigen dan tingkatkan kecepatan hasil laboratorium,” ungkapnya.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan agar koordinasi antar instansi harus dilakukan dengan baik.

Menurutnya, ancaman Covid-19 tidak terlihat. Untuk itu, ia menekankan pengetatan protokol kesehatan.

“Lakukan tracing dan testing serta optimalkan PPKM di daerah” ujarnya.

Selain itu, Panglima meminta jajaran TNI, Polri dan Pemda memastikan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, alat kesehatan serta melaksanakan program vaksinasi nasional.(ag)