Beasiswa Program Desa Sarjana 2021 Sudah Dibuka, Ini Persyaratannya

  • Whatsapp

MALINAU, Cokoliat.com – Kabar baik untuk warga Kabupaten Malinau, Pemda Malinau telah membuka beasiswa untuk jenjang D3, D4, S1, bahkan S2.

Melalui Program Desa Sarjana, para peserta didik dan mahasiswa bisa mendapatkan bantuan pendidikan.

Beasiswa Desa Sarjana hanya diberikan kepada warga Kabupaten Malinau dengan melampirkan bukti kependudukan dan memenuhi persyaratan lainnya.

Dalam kegiatan sosialisasi Program Desa Sarjana sebelumnya, Kepala DPMD Malinau, Padan Impung menjelaskan, program Desa Sarjana akan mencakup semua jenjang perguruan tinggi. Mulai dari program Diploma 1 (D.1), Diploma 2 (D.2), Diploma 3 (D.3), Diploma 4 (D.4), Sarjana 1 (S.1) bahkan juga ada jenjang Sarjana 2 (S.2).

“Jadi kita tidak terikat hanya dengan S.1, tetapi semua program ada mulai dari Diploma 1 sampai 4 bahkan S 2,” jelasnya.

Adapun mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan yang sesuai dengan rekomendasi desa dapat mengikuti seleksi program Desa Sarjana dan menyelesaikan pendidikan sesuai dengan jangka waktu yang berlaku.

Selanjutnya Pemda Malinau yang membiayai kelanjutan masa pendidikan mahasiswa yang sedang berjalan.

Terkait alokasi biaya pendidikan bagi yang mengikuti program Desa Sarjana ini, untuk D.1 sampai D.3 pertahunnya menerima Rp10 juta, D.4 sampai S.1 Rp 15 juta dan untuk S.2 pertahunnya Rp 20 juta.

“Jadi ingat ini biayanya pertahun, bukan perbulan,” ungkapnya, Minggu (16/10/2021).

Ia menerangkan tahun ini hanya ada 4 kecamatan di Kabupaten Malinau yang menjadi sasaran program.

Diantaranya Kecamatan Malinau Kota, Malinau Barat, Malinau Utara dan Kecamatan Mentarang.

Penerima program beasiswa disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap desa di 4 wilayah kecamatan tersebut. Teknisnya, tiap desa melalui kecamatan akan menyampaikan analisis kebutuhan disiplin ilmu sesuai potensi desa.

Jika peserta didik dan mahasiswa tertarik mendaftar beasiswa dari Pemda Malinau ini, ada beberapa persyaratan umum yang wajib dipenuhi, berikut persyaratan lengkapnya.

* Fotocopy Ijazah terakhir.

* Transkrip nilai bagi mahasiswa aktif (IPK minimal 2,5).

* Pas photo warna ukuran 4×6 sebanyak 2 Lembar (Latar Biru).

* KTP-el bagi peserta yang berusia 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP-el.

* Fotocopy Akta Lahir.

* Surat Keterangan Domisili dari kepala Desa, contoh format terlampir.

* Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

* Surat Keterangan Berbadan Sehat (RSUD/Puskesmas).

* Surat Keterangan Bebas Narkoba (RSUD).

* Surat Rekomendasi dari Kepala Desa.

* Surat-surat Pernyataan (Format dari Sekretariat/DPMD).

Setelah persyaratan diatas terpenuhi, peserta dapat mendaftar langsung ke Sekretariat Panitia Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Kemudian kelengkapan persyaratan administrasi dibuat dalam stofmap dengan menulis lengkap identitas pelamar: nama lengkap, tempat tanggal lahir, dan melampirkan nomor handphone, dengan ketentuan warna stofmap warna biru.

Lalu, kelengkapan berkas akan diverifikasi oleh petugas Sekretariat dan akan diberikan tanda terima jika kelengkapan persyaratan telah terpenuhi.

Pendaftaran program Desa Sarjana ini mulai dibuka sejak 13 Oktober dan dijadwalkan akan ditutup pada 30 Oktober 2021 mendatang.(ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *