Sport  

Kodim 0910  Khususkan Vaksin Astra Zeneca Untuk Anggota Militer

MALINAU, cokoliat.com- Program vaksinasi covid-19 semakin gencar dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penularan virus corona. Hingga saat  ini sudah ada dua jenis vaksin yang digunakan di Indonesia, yaitu vaksin sinovac dan astra zeneca. Kini kodim dalam target melaksanakan vaksin astra zeneca yang di khususkan untuk anggota militer dan keluarga militer.

Vaksin astra zeneca menggunakan vektor adenovirus simpanse, dari hasil penelitian University of Oxford di server pre-print The Lancet, ditemukan bahwa vaksin covid-19 astra zeneca memberikan kekebalan setidaknya selama satu tahun setelah satu dosis pertama. Peneliti juga menemukan bahwa vaksin astra zeneca memberikan respons imun yang kuat setelah interval dosis kedua yang diperpanjang hingga 45 minggu atau setelah dosis penguat ketiga.

Komandan Kodim 0910/Malinau Letkol Inf Sofwan Nizar S.Sos., M Han mengungkapkan bahwa Kodim 0910 melaksanakan vaksin yang  digunakan adalah sinovak untuk masyarakat.

“Kami juga ada vaksin astra zeneca, tetapi vaksin astra  zeneca ini kita khususkan untuk anggota militer maupun keluarga militer.

Untuk astra zeneca belum selesai karena kita baru melaksanakan vaksin pertama karena ada perbedaan rentan waktu penyuntikan,” ungkap Dandim.

Penyuntikan vaksin astra zeneca sekitar antar 3 bulan – 5 bulan sedangkan sinovak itu 28 hari – 2 bulan. (Rahmawati)