Data Baru; Sasaran Vaksinasi Menjadi 43 Ribu Orang

  • Whatsapp

MALINAU, cokoliat.com – Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Malinau telah memperbarui data sasaran vaksinasi Covid-19 dari sebelumnya 24.000 menjadi 43.000 orang. Dengan perubahan ini, dipastikan akan terjadi penambahan jumlah orang yang akan disuntik vaksin di Kabupaten Malinau.

Disebutkan, sasaran vaksinasi sebanyak 43.000 orang tersebut merupakan sasaran untuk semua kelompok masyarakat.

Penambahan sasaran tersebut juga merupakan imbas dari perubahan kebijakan yang memperbolehkan golongan warga yang berusia di bawah 18 tahun, kini boleh disuntik vaksin.

“Jika kebijakan awalnya bagi yang berusia di bawah 18 tahun itu belum bisa divaksin, tapi sekarang sudah diperbolehkan,” ujar Sekretaris Dinkes P2KB Malinau, dr. Naomi Mua, Rabu (14/7/2021).

Ia menambahkan, perubahan kebijakan sasaran vaksinasi juga berlaku bagi warga yang rentan terhadap penyakit, sehingga sasarannya menjadi bertambah.

Terkait tahapan vaksinasi sebagian besar menyasar masyarakat yang bekerja di sektor kesehatan, kemudian petugas publik, kelompok lansia, masyarakat umum dan rentan serta masyarakat yang berusia remaja.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat terus mendorong masing-masing daerah mempercepat serbuan vaksinasi secara Nasional, yakni 1 juta per hari. Sasaran ini menjadi target vaksinasi pemerintah untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) sesuai standar Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Sekretaris Dinkes P2KB Malinau, dr. Naomi Mua mengatakan, sasaran vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Malinau telah mengalami peningkatan.

Menurut Naomi, peningkatan jumlah sasaran vaksinasi itu karena ada penambahan kelompok prioritas yakni anak usia 12-18 tahun dan masyarakat yang rentan terhadap penyakit.

“Total sasaran vaksinasi di Malinau setelah adanya perubahan kebijakan tersebut bertambah menjadi 43.000 total sasarannya,” ungkapnya.

Lalu perihal progres masyarakat yang telah di vaksinasi, Naomi menjelaskan bahwa jumlahnya juga pasti akan terus bertambah.

“Untuk saat ini, progres masyarakat Malinau yang telah divaksin mencapai 23.912 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk warga yang mengikuti vaksinasi dosis pertama maupun kedua,” pungkasnya. (ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *