Kepala Adat Besar Apau Kayan, Minta Pemprov dan Pusat Terpadu Tangani Covid-19 di Apau Kayan Malinau

  • Whatsapp

MALINAU, cokoliat.com – Kepala Adat Besar Apau Kayan, Ibau Ala meminta pemerintah pusat dan pemerintah provinsi solid dalam menangani pandemi virus Covid-19.  Terlebih dengan adanya lonjakan kasus suspek di wilayah Apau Kayan, Kabupaten Malinau.

Kepala Adat Besar Apau Kayan ini mengatakan, bahwa saat ini berdasarkan data, masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari pemeriksaan antigen terus bertambah.

“Saya punya kekhawatiran jika tidak diperketat PPKM dan protokol kesehatan di wilayah itu, maka dipastikan jumlah terkonfirmasi akan bertambah terus,” ucapnya, kepada cokoliat.com, Sabtu (10/7/2021).

Sebelumnya, pada Kamis (8/7) lalu Bupati Malinau telah mengirimkan 8 tenaga kesehatan dan peralatan medis untuk menangani  Covid-19 di wilayah Apau Kayan.

Ibau Ala sangat berharap adanya tenaga kesehatan tambahan di wilayah Apau Kayan kasus terkonfirmasi Covid-19  dapat segera diatasi.

“Kami sangat berharap keberangkatan tim kesehatan itu dapat menangani dan memotivasi masyarakat kita agar lebih kuat menghadapi pandemi,” ucapnya.

Ibau Ala menambahkan,  di wilayah Apau Kayan warga yang telah meninggal dunia akibat covid 19 berjumlah 7 orang.

“Untuk yang meninggal dunia ada 7 orang dan masyarakat yang kritis ada 5 orang berada di Desa Kayan Hulu,” jelasnya.

Masyarakat di wilayah Apau Kayan, imbuhnya, saat ini sangat membutuhkan pasokan makanan, pelayanan kesehatan termasuk  oksigen.

“Tenaga medis yang melayani terbatas karena  ada beberapa petugas disana yang juga terpapar Covid-19 dan sedang isolasi mandiri. Hal itu membuat para nakes  kewalahan menangani masyarakat yang juga ikut terpapar,” paparnya.

Selaku Kepala Adat Besar Apau Kayan,  Ibau Ala berterima kasih pada pemerintah daerah dan pemerintah provinsi yang telah menerjunkan tenaga, peralatan medis, dan obat-obatan  guna penangan covid di Apau Kayan. Ibau Ala berharap penanganan dilakukan terpadu antara pemerintah daerah, provinsi dan pusat. Kerja sama yang baik diyakini Ibau Ala akan menghasilkan upaya penanganan yang maksimal. Untuk daerah mana pun tanpa kecuali Apau Kayan sebagai beranda depan NKRI

“Kami  berharap agar pemerintah provinsi bahkan pemerintah pusat terlibat,” tegasnya.

Merujuk banyaknya masyarakat yang terpapar dan fasilitas kesehatan yang tidak memadai serta akses transportasi itu yang menjadi kekhawatirannya.

“Dengan keberangkatan tenaga medis ke wilayah Apau Kayan melalui Dinas Kesehatan Malinau, semoga dapat memberikan solusi yang terbaik,” pungkasnya. (ag)

Editor: Waliyunu Heriman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *