Sport  

Evaluasi Kinerja OPD, Bupati Wempi Bahas Realisasi Anggaran dan Pembangunan Prioritas Daerah

MALINAU, cokoliat.com – Bupati Malinau, Wempi W Mawa meminta untuk segera mengevaluasi kinerja Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak mencapai target serapan anggaran.

Hal itu disampaikannya dalam rapat Intimung evaluasi terhadap hasil rencana kerja (Renja) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau, Senin (5/7/2021).

Predikat yang telah disampaikan, ucap Wempi, sebagian besar kinerja dan serapan anggaran dari para OPD mendapat nilai SR (Sangat Rendah). Artinya kinerja semua pegawai masih belum maksimal dan dampak pembangunan di masyarakat menjadi terhambat.

“Sebenarnya ada beberapa halangan yang menjadi hambatan, termasuk posisi refocusing anggaran yang terjadi. Semoga, setelah adanya APBD perubahan semua bisa tercapai sesuai dengan rencana,” tuturnya.

Ia juga berharap kepada para OPD, yang capaian realisasi fisik maupun keuangannya belum maksimal, agar dapat meningkatkan kinerjanya untuk mencapai target sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dan melakukan monitoring secara terpadu antar OPD terkait.

Dalam kesempatannya, Bupati Wempi juga meminta agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat meningkatkan kinerjanya.

Evaluasi kinerja juga diperlukan untuk akselerasi pelaksanaan program atau kegiatan pembangunan di tahun anggaran 2021-2022.

“Muara dari segala aktivitas pembangunan adalah untuk memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat. Semoga apa yang sudah kita rencanakan di tahun ini dapat berjalan secara efektif, efisien dan terukur,” ucapnya, Selasa (6/7/2021).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Malinau, Ernes Silvanus mengatakan, untuk OPD yang kinerja dan target serapan anggarannya masih rendah, bagian Bappeda akan segera menyurati bagian OPD tersebut.

“Bagian Bappeda akan menyurati masing-masing OPD, hal ini dilakukan sebagai pemberitahuan bahwa OPD terkait masih dalam posisi predikat yang rendah termasuk capain targetnya,” ucapnya.(ag)