Bupati Malinau Tegaskan Perencanaan Program OPD Harus Matang dan Terukur

  • Whatsapp

MALINAU, cokoliat.com – Bupati Malinau, Wempi W Mawa bersama Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Malinau, dalam rapat hasil Renja OPD, mengevaluasi perencanaan dan kinerja para OPD Kabupaten Malinau tahun Anggaran 2021, Senin (5/7/2021).

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang Tebengang, Kantor Bupati Malinau, Senin (5/7/2021) dan dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, para Kepala OPD eselon 3 dan 4 serta SKPD terkait.

Bupati Wempi dalam arahannya, di depan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkup Pemkab Malinau mengatakan, evaluasi perencanaan maupun penganggaran setiap OPD harus dilaksanakan dengan matang dan terukur, agar setiap program yang dilaksanakan memiliki output dan outcam yang jelas untuk Daerah.

Selain itu, ia meminta kepada OPD agar membantu Kepala Daerah dalam melaksanakan evaluasi perencanaan dan penganggaran dengan baik, agar dapat menghasilkan hasil evaluasi yang akan menjadi pedoman melaksanakan program pembangunan daerah dalam jangka panjang.

Ia juga menegaskan, dalam merencanakan program pembangunan tidak perlu banyak, cukup yang penting dan strategis saja, yang utama harus fokus.

“Muara dari segala aktivitas pembangunan ialah untuk mensejahterakan masyarakat. Kita berharap apa yang telah direncanakan baik di tahun ini dan tahun mendatang, dapat berjalan efektif dan terukur,” ucapnya.

Bupati Wempi menambahkan, evaluasi terhadap APBD juga diperlukan, terlebih dengan adanya posisi refocusing anggaran akibat dampak Covid-19.

Ia meminta kepada seluruh OPD untuk memastikan program kegiatan dan anggaran dirancang, harus secara efektif dan efisien untuk menghasilkan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat, serta memastikan keselarasan perencanaan pemerintah daerah atas penyelenggaraan sektor-sektor strategis.

Kemudian, evaluasi yang dilaksanakan Bappeda juga akan menyasar kesimpulan evektivitas dan efesiensi alokasi belanja untuk mencapai tujuan program kerja dan visi-misi prioritas daerah. (ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *