Waspada Banjir Susulan, Debit Air Sungai Mentarang Naik

  • Whatsapp

MALINAU, cokoliat.com- Selang 4 hari sejak bencana banjir menerjang Kabupaten Malinau Minggu  (16/5) lau, banjir kembali mengancam sejumlah tempat di Malinau.

Kini, desa-desa di pinggiran Sungai Mentarang kembali harus waspada banjir kiriman dari  hulu sungai di Malinau. Berdasarkan informasi warga di Kecamatan Mentarang Hulu, debit air mulai meninggi di hulu sungai akibat curah hujan tinggi selama sepekan terakhir.

Air sungai merembes ke jalan di Desa Paking. Beredar di sosial media yang di posting oleh warga terjadi sejak subuh hari tadi di desa tersebut. Sekitar pukul 05:00 Wita air kiriman dari hulu datang. Informasinya malam tadi di wilayah atas (Mentarang Hulu) sudah mulai banjir juga.

Ketinggian air diperkirakan meningkat setinggi 1 meter, dan diperkirakan akan semakin meninggi hingga siang hari ini, bertepatan waktu pasang air laut. Pagi ini air sudah sampai di permukaan jalan. Debit air sungai meninggi 1 meter dari kondisi normal. Diperkirakan jika ketemu air pasang nanti dan kiriman air dari hulu masih berlanjut kemungkinan akan naik.

Malam tadi, berdasarkan laporan dari Camat Mentarang Hulu, Juari Lakai sejumlah desa di wilayah dataran rendah mulai digenangi air luapan sungai. Mencakupi desa di daerah pesisir sungai9 di Mentarang Hulu, meliputi Desa Long Berang, Semamu, dan Long Sulit.

Warga di wilayah hilir sungai diminta waspada potensi bencana banjir susulan akan kembali terjadi pada hari ini.

Reporter: Rahmawati

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *