Idul Fitri 2021, DLH Malinau Siagakan 9 Unit Armada Pengangkut Sampah

  • Whatsapp

MALINAU, Cokoliat.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malinau telah menyiapkan skema terkait pengangkutan sampah pada lebaran Idul Fitri 2021.

Dalam skema tersebut, pihak DLH akan menyiapkan seluruh petugas kebersihan dilapangan dan siagakan 9 Unit truck untuk pengangkutan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malinau, Frent Tomi Lukas mengatakan, pihaknya akan mempercepat penanganan sampah pada perayaan Idul Fitri tahun ini.

“Artinya kami akan percepat operasional pengangkutan sampah. Kita akan siagakan petugas pada jam 4 shubuh, hingga selesai,” ujarnya.

Menurut Kadis DLH itu, jika para petugas di lapangan bekerja dari jam 4 shubuh, diperkirakan jam 6 pagi sudah selesai.

“Jadi, untuk para petugas yang muslim dipastikan akan tetap bisa menunaikan ibadah sholat Idul Fitri,” jelasnya.

Tomi mengungkapkan, penanganan ekstra terkait sampah pada perayaan Idul Fitri 1442 H, tetap dilakukan pihaknya dengan memaksimalkan semua petugas dilapangan dan Unit pengangkutan sampah.

Pasalnya, dari pengalaman tahun lalu, malam sebelum lebaran kerap menjadi puncak dari tumpukan sampah.

“Kita akan siapkan 9 Unit Truck pengangkut sampah, dan ada beberapa bantuan operasional dari pihak perusahaan. Itu akan dimaksimalkan semua,” ungkapnya.

Terkait jam pembuangan sampah jelang lebaran, kata Tomi, itu masih sama seperti hari-hari biasanya, dan semua unit akan disiapkan berikut personilnya.

Frent Tomi Lukas, Kadis DLH itu berharap semoga pada saat perayaan lebaran ini, tumpukan sampah dari masyarakat tidak terlalu banyak.

“Kita juga sampaikan imbauan kepada masyarakat, agar lebih bijak dalam mengelola sampahnya masing-masing saat lebaran,” pungkasnya.

Terakhir, ia juga meminta kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Malinau, agar jangan membuang sampah di sembarang tempat dan tetap jaga kebersihan lingkungan. (ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *