Peniadaan Mudik 2021, Transportasi di Kabupaten Malinau Tetap Berjalan dengan Pembatasan Ketat

  • Whatsapp

MALINAU, Cokoliat.com- Pemerintah menegaskan pelarangan masyarakat mudik pada perayaan Idul fitri 2021.

Pelarangan ini untuk meminimalisir lonjakan kasus Covid-19 yang kerap terjadi usai libur panjang.

Di Kabupaten Malinau, Dinas Perhubungan (Dishub) bersama personel gabungan telah siagakan pos penyekatan di titik masuk antar Kabupaten.

Di sisi lain, akan ada pengawasan di 3 titik yakni di Bandara RA. Bessing Malinau, Pelabuhan Speed Boat dan Terminal dan di jaga oleh personel gabungan lintas instansi serta fokus dalam pencegahan Covid-19.

Melalui hasil rapat bersama Forkopimda dan jajaran OPD terkait, Bupati Malinau Wempi W Mawa mengintruksikan agar pengetatan di pos-pos pintu masuk dan keluar harus dijaga dengan optimal.

“Sesuai SE Ketua Satgas Covid-19 dan melalui SE Gubernur Kaltara, agar melaksanakan pengetatan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan di wilayah selama periode peniadaan mudik 2021,” ujarnya dalam rapat koordinasi bersama Satgas penanganan Covid-19, Kamis (6/5/2021).

Melalui rapat tersebut juga diintruksikan, jika masih ada masyarakat yang nekat masuk wilayah Kabupaten Malinau tanpa surat bebas Covid-19, para personel gabungan akan lakukan Swab Antigen di pos masuk.

“Jika hasilnya reaktif, tetap harus putar balik kedaerah asalnya,” katanya.

Mengantisipasi untuk arus balik, walaupun masyarakat telah membawa keterangan bebas Covid-19 dari luar, masyarakat tetap wajib karantina selama 7 hari.

Setelah itu baru boleh beraktivitas didomisilinya dengan tetap dipantau oleh tim gabungan Satgas Covid-19 baik dari TNI/Polri, Satpol PP, pihak kecamatan, Desa maupun RT.

Diketahui, pengamanan jelang Idul Fitri 2021 pihak keamanan TNI/Polri tengah melaksanakan Operasai Ketupat Kayan dan bersama tim terpadu gugus tugas Covi-19 akan bersama-sama mulai 6 – 17 Mei 2021 lakukan pengetatan wilayah dan pemantauan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. (ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *