Tahun ini Pelindo Bangun Dermaga Baru di Pelabuhan Malundung

  • Whatsapp

TARAKAN, cokoliat.com – Rencananya, PT Pelindo IV Tarakan dalam waktu dekat akan menambah dermaga yang ada di Pelabuhan Malundung. Hal ini dilakukan, guna mengurai antrian panjang bongkar muat di Pelabuhan Malundung, yang semakin padat.

General Manager PT Pelindo IV Tarakan, Enriko Fermi menyebutkan, dermaga baru yang rencananya akan dibuat memiliki panjang sekitar 200 meter. Dengan begitu, dapat meningkatkan pelayanan bongkar muat di Pelabuhan Malundung.

Bacaan Lainnya

“Rencana pembangunannya akan kita mulai di 2020 ini, pembanguan dermaga akan dilakukan di sisi timur dermaga yang ada saat ini,” jelas Enriko.

Enriko mengatakan, untuk perencanaan dan desain dermaga baru ini sudah ada dan tinggal dilakukan proses lelang di pusat, sesuai prosedur yang ada. Namun, sejauh ini, Pelindo IV tengan melakukan sounding alam dan area yang ada, agar dapat melakukan pengerjaan.

“Izin pembangunan dermaga sudah dikeluarkan Pelindo Pusat, kalau masalah nilai proyek estimasi kita sekitar Rp. 50 miliar, dengan rincian Rp. 4 juta permeter perseginya,” bebernya.

Jika proses pembangunan sudah berjalan, Enriko memastikan, Velindo IV akan meminimalisir segala kemungkinan terburuk, dampak pembangunan ini. Targetnya, pembanguan dermaga baru ini sudah bisa rampung sepenuhnya selama setahun.

“Kalau pembangunanya cepat dilakukan, akhir 2020 ini sudah bisa digunakan, dengan begitu kapal yang sandar bisa cepat dilayanan dan produktivitas meningkat,” ujarnya.

Dengan adanya dermaga baru, Enriko menambahkan, dermaga yang dimliki Pelabuhan Malundung panjangnya menjadi 580 meter. Jika sudah selesai, Pelabuhan Malundung bisa menampu 5 kapal yang sandar, dengan ukuran panamax (ukuran kapal maksimum).

“Target kita, pada tahun 2032 mendatang Pelabuhan Malundung bisa memilik panjang 1000 meter, dengan daya tampung 7 kapal ukuran panama,” tandasnya (ck1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar