Pengurus Pakuwaja Kabupaten Malinau Resmi Dikukuhkan dalam Masa Bakti 2022-2027

Nature

MALINAU, cokoliat.com – Ketua Umum Pakuwaja Kabupaten Malinau, Dr. H. Aan Hartono S.ST.,M.Si resmi mengukuhkan para pengurus Pakuwaja Malinau dalam masa bakti 2022-2027 pada, Sabtu (18/6/2022) pagi yang bertempat di Pendopo Pakuwaja, Desa Malinau Kota.

Dalam kesempatannya, Ketua Umum Pakuwaja Malinau, Dr. H. Aan Hartono mengatakan, ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pihaknya setelah dilakukan Musyawarah Besar (Mubes) pada tanggal 4 Maret 2022 lalu, kemudian dilanjutkan kegiatan Pengukuhan Pengurus Pakuwaja Malinau pada hari ini, Sabtu 18 Juni 2022.

“Usai melalui Musyawarah Besar (Mubes) yang berjalan secara demokratis, maka dilanjutkan dengan proses Pengukuhan para Pengurus Pakuwaja Malinau masa bakti 2022-2027 mendatang,” ucap Ketua Umum Pakuwaja Malinau, Dr. H. Aan Hartono kepada Cokoliat.com, Sabtu (18/6/2022).

Ia menyebutkan, Pengukuhan Pengurus yang dilakukan diantaranya ialah, Pengurus Pakuwaja Cabang Malinau Kota, Malinau Utara, Malinau Barat dan Cabang Malinau Selatan. Lalu, Pengukuhan Pengurus sayap organisasi Pakuwaja yang terdiri dari 3 kelompok diantaranya, Pandawa (Pemuda Jawa), Srikandi (Sayap Wanita Pakuwaja) dan PKKJ (Persekutuan Keluarga Kristen Jawa). Kemudian, pengukuhan pengurus Pilar Kebhinekaan Pakuwaja Malinau.

“Dari keseluruhan Pengukuhan Pengurus itu terdiri dari 8 Pilar Kebhinekaan yang baru dilantik, 3 Sayap Organisasi dan 4 Cabang. Kedepan untuk Pilar Kebhinekaan diharapkan pasti bertambah jumlahnya. Nanti, mereka akan membentuk masing-masing Pilar tersebut,” katanya.

Diakuinya, dalam menjalankan sebuah organisasi memanglah tidak mudah, banyak permasalahan yang datang khususnya dalam perbedaan berpendapat. Sehingga diperlukan kerjasama dan kekompakan dalam menyelesaikan permasalahan maupun perbedaan yang ada.

Dr. H. Aan Hartono menekankan, dalam terbentuknya Pilar Kebhinekaan bertujuan untuk mengetahui keragaman budaya agar lebih nyata.

“Tidak hanya keragaman seni budaya, tapi juga kuliner. Karena kita tahu misalkan kulinernya orang Surabaya saja dengan orang Semarang kan pasti berbeda. Jadi, nanti ketika ada pameran budaya, kita akan mudah melihat penampilan budaya & kuliner yang khas dari masing-masing daerah,” ungkapnya.

“Jadi lebih terlihat keberagaman dan keunikannya,” tambahnya.

Diketahui, rangkaian kegiatan Pakuwaja ini juga diwarnai dengan kegiatan Seni Budaya Kuda Lumping, Bakti Sosial dan sejumlah olahraga antar Pilar Kebhinekaan.

“Rangkaian kegiatan Pakuwaja itu, nanti malam ada pertunjukan Kuda Lumping, lalu besok Bakti Sosial dan olahraga bersama antar Pilar,” ujarnya.

Ia pun menargetkan dalam pertunjukan seni budaya yang difasilitasi Pemerintah Daerah ditampilkan secara bergiliran pada setiap bulan, pihaknya sangat siap menampilkan semua keunikan dan keragaman budaya yang dimiliki Suku Jawa.

“Target kedepan salah satunya ialah menampilkan yang terbaik dalam pertunjukan seni di Padan Liu’Burung nanti. Kemudian, selalu mendukung program kerja dan visi-misi Pemerintah Daerah. Karena visi kami di Pakuwaja akan selalu mendukung terciptanya Kabupaten Malinau yang maju, mandiri dan sejahtera,” pungkasnya.(ag)