62 Peserta Ramaikan Lomba Balap Perahu Ketinting di Malinau Kota

Nature

MALINAU, cokoliat.com – Sebanyak 62 peserta dari berbagai daerah ikut meramaikan lomba Balap Perahu Ketinting dan merupakan kegiatan olahraga rekreasi yang digelar para Milenial Malinau Kota, Sabtu (18/6/2022) pagi.

Dari 62 peserta itu, dibagi menjadi dua kategori, yakni Class Bebas dan Class Lokal.

Balap Perahu Ketinting yang dipusatkan di Sungai Malinau, Seluwing, Desa Malinau Kota tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Wempi W Mawa didampingi Ketua PKK Malinau, Ibu Maylenti Wempi.

Kegiatan Lomba Balap Perahu Ketinting itu juga turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Malinau, Kepala OPD dan sejumlah masyarakat yang sangat antusias menyaksikan lomba berlangsung.

Dalam kesempatannya, Ketua Panitia Pelaksana, Rizky Paranoan mengatakan, tujuan diselengarakan nya event balap perahu ketinting ini ialah untuk mempererat tali silahtuhrahmi antara sesama warga dan antara pembalap perahu ketinting di Kabupaten Malinau.

” Untuk jumlah peserta Balap Perahu Ketinting Desa Malinau Kota ini berjumlah 62 peserta yang diikuti dari beberapa daerah yaitu, Malinau Kota, Malinau Utara, Tanjung Selor, Pejalin, Kerubung, Sekatak, Bebatu dan dari Kota Bangun Kalimantan Timur,” jelasnya.

Untuk total dana yang terkumpul sampai terselenggaranya acara lomba balap perahu desa malinau kota ini berjumlah Rp.48.800.000 yang bersumber dari para donatur.

Sementara itu, Bupati Malinau, Wempi W Mawa dalam sambutannya menyampaikan, sangat mengapresiasi adanya lomba olahraga rekreasi tradisional Balap Perahu Ketinting yang digelar oleh para Milenial Malinau Kota ini.

Ia menuturkan, olahraga yang juga disaksikan langsung oleh masyarakat secara terbuka dan antusias itu diharapkan dapat menjadi sarana rekreasi masyarakat.

“Disamping itu, juga menghidupkan ekonomi kecil. Karena itu, atas nama Pemerintah Daerah kami ucapkan terimakasih atas kegiatan yang digelar,” ucap Bupati Wempi yang juga Ketua Kormi Malinau.

Kedepan, sambungnya, kita harapkan event ini akan terus berlanjut dan digelar setiap tahunnya melalui Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Malinau sebagai agenda rutin tahunan.

“Sehingga olahraga rekreasi Balap Perahu Ketinting ini bisa menjadi budaya dan daya tarik wisata di daerah,” imbuhnya.(ag)