Gelar Press Release Akhir Tahun, Kapolres Paparkan Kondisi Kamtibmas Selama 2021

  • Whatsapp

MALINAU, cokoliat.com–Kapolres Malinau, AKBP Reza Pahlevi didampingi Wakapolres Malinau Kompol Lafrin Tambunan memimpin press release jelang pergantian tahun baru, di ruang Rupatama Polres Malinau, Jumat (31/12/2021).

Press release digelar untuk menyampaikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama periode satu tahun (2021).

Sejumlah data terkait kondisi kamtibmas dipaparkan oleh Kapolres AKBP Reza Pahlevi dalam press release tersebut. Di antaranya trend 4 golongan kejahatan, angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, pelanggaran personel serta hasil pelaksanaan Operasi Keamanan sepanjang tahun 2021.

“Pada tahun 2021, jumlah kejahatan konvensional yang dilaporkan di Polres Malinau mengalami penurunan yakni 41 kasus bila dibandingkan dengan tahun 2020 yaitu hanya 49 kasus,” papar Kapolres Malinau.

Namun demikian, Kapolres menyampaikan bahwa secara umum situasi kamtibmas di Kabupaten Malinau selama tahun 2021 ini berlangsung dengan aman dan kondusif.

Hal ini sejalan dengan tingkat penyelesaian kasus yang ditangani oleh Polres Malinau meningkat sebanyak 29 kasus atau 72,4 persen di tahun 2021 bila dibandingkan dengan tahun 2020 dari yang sebelumnya 24 kasus.

Berkaitan dengan hal tersebut, ia pun mengharapkan kerjasama dari seluruh pihak untuk bersama-sama, bahu-membahu dalam menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Malinau sehingga pada tahun yang akan datang, tingkat kejahatan di Malinau dapat kembali ditekan.

Pasalnya, dari beberapa kasus yang dilaporkan ke Polres Malinau sepanjang tahun 2021 tersebut, didominasi oleh kasus curat sebanyak 18 kasus, penganiayaan 8 kasus dan curanmor 4 kasus.

Kapolres juga menyampaikan terkait dengan angka kecelakaan lalu lintas yang meningkat pada tahun 2021, di mana terjadi 34 kali kecelakaan lalu lintas atau meningkat dibandingkan dengan tahun 2020 yaitu hanya 20 kali. Selain itu, jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas masih sama dengan tahun sebelumnya yakni 7 jiwa.

“Kami meminta kepada para pengguna jalan, agar mematuhi aturan-aturan dalam berlalu lintas. Selalu utamakan keselamatan dalam berlalu lintas sehingga kita dapat mencegah diri kita untuk menjadi korban kecelakaan lalu lintas,” tegas Kapolres AKBP Reza Pahlevi. (ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *