Banjir Rendam Pemukiman Warga di Kecamatan Malinau Selatan Hilir

  • Whatsapp

MALINAU, cokoliat.com –
Banjir akibat hujan deras dan luapan Sungai Malinau merendam pemukiman warga yang ada di Kecamatan Malinau Selatan Hilir, Kabupaten Malinau, Selasa (28/12).

Puluhan rumah yang terletak di sekitar bantaran Sungai Malinau yakni Desa Setarap dan Desa Setulang Kecamatan Malinau Selatan Hilir, Kabupaten Malinau, direndam banjir setinggi satu meter lebih.

Warga setempat mengatakan, hujan yang turun sepanjang malam di wilayah Kecamatan Malinau Selatan Hilir membuat Sungai Malinau meluap dan menggenangi rumah warga.

“Banjir dipicu karena curah hujan yang tinggi sejak tadi malam, dan pada pagi tadi air merangkak naik hingga malam ini,” ucap Kepala Desa Setarap, Jemi Loper saat di hubungi melalui sambungan telepon, Selasa (28/12/2021).

Ia mengatakan, bukan hanya rumah warga yang terendam banjir, namun sekolah dan fasilitas milik warga juga ikut terendam banjir.

Jemi menyebutkan, tinggi banjir di Desa Setarap bahkan diperkirakan mencapai 2 meter lebih.

“Ketinggian air malam ini sudah mulai surut, kita berharap malam ini tidak terjadi curah hujan yang tinggi di wilayah hulu sungai,” harapnya.

“Yang paling tinggi ketinggian air nya itu berada di wilayah RT. 1 Desa Setarap karena datarannya rendah,” jelasnya.

Saat ini kondisi warga, tambahnya, masih berjaga-jaga mengantisipasi apabila debit air mulai kembali tinggi.

Jemi menyebutkan, untuk langkah penanganan mengantisipasi kembali tinggi nya air dan merendam rumah warga, pihaknya akan segera melakukan evakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi dan aman.

“Di wilayah RT. 1 yang ketinggian airnya cukup tinggi warga yang terdampak berjumlah 44 Kepala Keluarga,” ucapnya.

“Jika air malam ini masih belum surut, kami akan tetap berjaga dan waspada terhadap banjir susulan,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *