Wabup Jakaria Pimpin Apel Gelar Pasukan Antisipasi Bencana Jelang Akhir Tahun

  • Whatsapp

Wabup Jakaria memeriksa kesiapan pasukan penanganan bencana akbir tahun, Senin,12 Desember 2021 (foto:ag)

MALINAU, cokoliat.com – Apel gelar pasukan konsolidasi antisipasi bencana akhir tahun digelar Komando Distrik Militer (Kodim) 0910 Malinau dan Kepolisian Resort Malinau bersama Pemerintah Daerah dengan melibatkan jajaran Forkopimda, BPBD Malinau, ORARI, Tagana, PMI, dan instansi terkait lainnya.

Apel yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Malinau, Jakaria S.E.,M.S.i berlangsung di Depan Makodim 0910 Malinau, Senin (27/12/2021).

Wakil Bupati Jakaria dalam arahannya menyampaikan, apel konsolidasi ini dilaksanakan dalam menghadapi dan mengantisipasi bencana alam jelang akhir tahun 2021.

“Apel ini merupakan bentuk kesiap-siagaan dalam antisipasi secara dini bencana alam, seperti bencana banjir, tanah longsor, kebakaran, karhutla maupun cuaca ekstrim yang dapat berdampak pada gangguan kamtibmas serta kontijensi, mengingat dampak yang ditimbulkan bencana alam,” ucap Wabup Jakaria.

Jakaria mengatakan, memasuki musim penghujan berpotensi terjadinya bencana alam yang cukup besar. Untuk itu diharapkan peran dan partisipasi semua pihak dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana sangat diperlukan.

“Dalam penanggulangan bencana alam harus dilakukan oleh semua pihak, tentunya menggunakan prinsip dan cara yang tepat dengan tujuan agar tidak terlalu berdampak buruk bagi para korban bencana,” tuturnya.

Melalui apel konsolidasi ini, Wabup Jakaria mengingatkan kepada semua pihak, bahwa saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, oleh karena itu dalam pelaksanaan tugas dilapangan agar selalu mempedomani protokol kesehatan.

Bencana alam yang sering terjadi, ucapnya, sepanjang berdirinya Kabupaten Malinau dari waktu ke waktu yakni bencana banjir, kebakaran rumah, tanah longsor dan karhutla.

“Jenis bencana tersebut sudah kerap kali terjadi di Kabupaten Malinau dan tak ayal banyak menimbulkan kerugian materi bahkan korban jiwa. Inilah yang mesti kita tanggulangi dan antisipasi terjadi di masyarakat,” imbuhnya.

Dalam hal ini, pihaknya juga telah menginstruksikan kepada jajaran tim Tanggap Bencana yang telah di bentuk oleh Pemerintah Daerah baik dari lintas institusi dan komponen masyarakat.

“Apel ini juga dalam rangka kesiapsiagaan kita semua dalam menyongsong Tahun Baru 2022. Untuk itu, kepada instansi terkait yang menangani agar segera menindaklanjuti secara berjenjang baik di tingkat RT, Desa dan Kecamatan agar dilakukan pembinaan dan pelatihan dalam melakukan tindakan Tanggap Bencana,” pungkasnya. (ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *