Terima Mahasiswa UBT KKN di Malinau, Sekda : Harus Selaras dengan Program Pemerintah Daerah

  • Whatsapp

MALINAU, cokoliat.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Borneo Tarakan diharapkan mampu memberi kontribusi kepada masyarakat di Kabupaten Malinau.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malinau, Ernes Silvanus saat menerima para mahasiswa KKN dari Kampus Universitas Borneo Tarakan di ruang Intulun, Kantor Pemkab Malinau, Senin (20/12/2021).

Rencananya, para mahasiswa KKN UBT tersebut akan melaksanakan kegiatan KKN mulai hari ini hingga 28 Januari 2022 mendatang. Para mahasiswa akan ditempatkan di beberapa Kecamatan, yaitu Kecamatan Malinau Utara, Kecamatan Malinau Barat, dan Kecamatan Malinau Selatan Hilir.

Total ada 28 peserta KKN lintas program studi dari Kampus Universitas Borneo Tarakan yang akan mengimplementasikan satu dari 3 Tridarma Perguruan Tinggi di Kabupaten Malinau.

Sekretaris Daerah (Sekda) Ernes Silvanus menekankan, program dari mahasiswa peserta KKN harus selaras dengan program Pemerintah Daerah.

“Baik itu mendukung visi-misi maupun program unggulan daerah. Agar para mahasiswa setelah datang harus tahu program unggulan daerah. Kemudian harus selaras dengan program desa,” jelas Ernes.

Ia menambahkan, mahasiswa peserta KKN juga harus mengenal karakteristik desa dimana mahasiswa akan ditempatkan. Baik itu wilayah, masyarakat, adat dan budaya.

“Agar jangan sampai setelah mahasiswa peserta KKN mulai mengabdi di desa, karena belum mengetahui karakteristik desa dapat menjadi benturan atau permasalahan. Namun, mahasiswa KKN harus dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat desa,” imbuhnya.

Saat melihat mahasiswa peserta KKN ada yang beberapa berasal dari Kabupaten Malinau, Sekda Ernes menyebutkan anak Malinau harus mampu bersaing lebih maju dari mahasiswa yang lain.

“Dari jumlah mahasiswa peserta KKN, banyak juga yang dari luar daerah seperti Nunukan, Tanjung Selor maupun Krayan. Namun, kita harapkan untuk mahasiswa yang berasal dari Malinau dan KKN di Malinau harus mampu menjadi leader bagi teman-temannya,” ungkapnya.

“Mahasiswa yang dari Malinau, kita harapkan harus mempunyai nilai lebih dan dapat memberi manfaat bagi desanya. Ayo kita sama-sama dengan Pemerintah Daerah, Kecamatan dan Desa untuk bisa melaksanakan KKN ini dengan baik,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *