Bupati Wempi Apresiasi Beroperasinya Pabrik Sawit PT. Bukit Borneo Sejahtera

  • Whatsapp

MALINAU, Cokoliat.com – Bupati Malinau, Wempi W Mawa secara resmi menghadiri acara ceremonial Pengoperasian Kembali Pabrik Kelapa Sawit milik PT. Bukit Borneo Sejahtera, Rabu (1/12/2021) di Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat, Kabupaten Malinau.

Kegiatan tersebut turut didampingi oleh jajaran Forkopimda Malinau.

Presiden Direktur PT. Bukit Borneo Sejahtera,
Hans L. Schaefer mengatakan, pabrik sawit yang mulai beroperasi ini maksimal dapat menampung sekitar 400 ton tandan buah segar per hari.

“Targetnya per hari itu pabrik dapat menampung sekitar 400 ton. Kita harapkan buah yang masuk pun sesuai harapan. Saat ini, kita baru terima dari masyarakat sekitar 75 ton,” ucapnya.

Hans mengatakan, pihaknya baru menerima sekitar 75 ton hasil perkebunan dari masyarakat. Ia harapkan setelah acara ceremonial ini akan banyak buah yang masuk, targetnya di minggu depan bulan Desember kapasitasnya dapat terpenuhi.

Terkait harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit, pihak PT. Bukit Borneo Sejahtera hanya akan mengikuti harga yang telah ditetapkan oleh pasar.

Pihaknya juga membagikan kategori buah yang dapat serap oleh pabriknya.

Ia berpesan khususnya kepada para petani yang akan menjual hasil perkebunan sawitnya wajib memperhatikan kualitas buah yang baik.

“Yang pasti jika buah tampilannya kehitaman atau sering kita sebut black bounce itu tidak kita terima. Lalu harus diperhatikan minimal tangkai panjangnya standar 2,5 cm. Kemudian untuk buah yang ukurannya kecil, kita harap itu tidak dibawa ke pabrik,” ucapnya.

Presiden Direktur, Hans L Schaefer berharap dengan keberadaan PT. Bukit Borneo Sejahtera akan memberikan dampak yang positif bagi daerah dan khususnya masyarakat sekitar karena akan memberikan lapangan pekerjaan yang berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Hans juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Malinau dan masyarakat atas dukungannya sehingga pabrik kelapa sawit dapat kembali beroperasi.

Sementara itu, Bupati Malinau, Wempi W Mawa dalam Kesempatannya mengatakan, beroperasinya pabrik kelapa sawit milik PT. Bukit Borneo Sejahtera diharapkan menjadi titik awal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para petani sawit di Kabupaten Malinau.

Menurutnya, dengan beroperasinya pabrik tersebut diharapkan semakin mempermudah masyarakat khususnya para petani sawit untuk memasarkan hasil perkebunannya.

Bupati juga mengapresiasi keberadaan PT. Bukit Borneo Sejahtera sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit yang telah ikut membantu pembangunan daerah.

“Dengan beropeasinya pabrik ini tentunya diharapkan dapat membuka pekerjaan yang lebih luas untuk masyarakat, sehingga roda perekonomian dapat tumbuh dengan cepat, dan pada akhirnya akan berdampak positif bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat Kabupaten Melawi. Khususnya bagi petani sawit sekitar di Kecamatan Malinau Barat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati meminta pihak PT. BBS untuk menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan masyarakat lokal, baik petani maupun tenaga kerja lokal dalam kebutuhan sumber daya manusia nya.

Bupati juga mengingatkan kepada seluruh industri pengolahan sawit di Kabupaten Malinau agar dapat mengedepankan dan menerapkan konsep berwawasan lingkungan hidup secara berkelanjutan dalam operasionalnya.

“Kita tentunya semua berharap, pabrik yang mulai beroperasi ini dapat bermanfaat, bukan saja mendapatkan nilai tambah untuk kemakmuran masyarakat, tetapi juga berdampak positif bagi perkembangan daerah. Oleh karena itu, aspek lingkungan hidup dan aspek sosial harus tetap diperhatikan dalam menjalankan kegiatan usaha,” pungkasnya.

Selain menghadiri acara tersebut, Bupati Wempi juga turut meninjau cara pengoperasian pabrik sawit maupun pengolahan limbahnya.(ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *