Penumpang Pesawat Tak Wajib Tes PCR, Cukup Tes Antigen

  • Whatsapp

MALINAU, cokoliat.com – Pemerintah melonggarkan syarat perjalanan dengan menggunakan moda transportasi pesawat.

Pelonggaran terkait aturan baru syarat perjalanan menggunakan pesawat itu disampaikan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy dalam Konferensi Pers Evaluasi PPKM pada Senin (1/11) lalu.

“Perjalanan akan ada perubahan yaitu wilayah Jawa-Bali, perjalanan udara tidak lagi harus pakai tes PCR, tapi cukup tes antigen. Sama dengan yang diberlakukan di wilayah luar Jawa non Bali,” katanya.

Kemudian merujuk SE Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 RI 22/2021, kini pelaku perjalanan dapat menggunakan hasil tes negatif antigen selain pemeriksaan RT-PCR.

Hasil pemeriksaan antigen kini dapat digunakan sebagai syarat pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) pengguna jasa transportasi udara.

Dalam penerapannya di wilayah perbatasan RI-Malaysia khususnya di Kabupaten Malinau, Kepala Dinas Kesehatan John Felix Rundupadang mengatakan, meskipun syarat tersebut menjadi pilihan bagi PPDN, namun untuk pemeriksaan diagnostik masih akan menggunakan tes RT-PCR.

“Dalam SE Kasatgas terbaru 22/2021 lebih untuk syarat pelaku perjalanan dalam negeri. Membuka peluang tidak harus PCR, bisa antigen. Tapi untuk diagnostik, tetap menggunakan tes PCR,” ujarnya Kadis Kesehatan P2KB Malinau, Jhon Felix Rundupadang, Jum’at (5/11/2021).

John menambahkan, meskipun syarat tersebut menjadi pilihan bagi PPDN, namun untuk pemeriksaan diagnostik masih akan menggunakan tes RT-PCR.

Diketahui, saat ini Dinas Kesehatan P2KB Malinau tengah mengupayakan pengoperasian layanan Lab PCR RSUD Malinau, yang masih menunggu izin pengoperasian dari Kemenkes RI.

“Pentingnya diagnosa Covid-19 yang hanya bisa dengan PCR, kami terus mengupayakan supaya Lab PCR kita dalam waktu dekat dapat segera beroperasi,” pungkasnya. (ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *