Peserta Program Desa Sarjana Keluhkan Syarat Khusus, DPMD : Kita Harus Tegas, Itu Urusan Pribadi Peserta

  • Whatsapp

MALINAU, Cokoliat.com – Sejumlah calon peserta beasiswa program Desa Sarjana dari Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau, mengeluhkan salah satu persyaratan beasiswa yang dikeluarkan Pemkab Malinau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Dalam persyaratan nomor 9, disebutkan harus melampirkan surat keterangan bebas narkoba. Menurut sejumlah calon peserta beasiswa yang ingin mendaftar, persyaratan itu cukup memberatkan, karena dinilai harga pemeriksaan yang cukup tinggi.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malinau, Padan Impung menegaskan, persyaratan yang tercantum di tata cara pendaftaran program Desa Sarjana semuanya harus wajib dipenuhi.

“Mengapa harus demikian, karena kita harus tegas dengan program ini dan benar-benar kita akan jadikan orang-orang yang tepat di desa,” jelasnya, Senin (18/10/2021).

Jadi secara umum tidak semua orang di desa harus sarjana, tambahnya, namun aparatur di desa harus melihat peluang, persoalan maupun potensi di desa yang harus kita wujudkan.

“Sehingga memang harus dan wajib mengikuti syarat umum dan syarat khusus yang tercantum tersebut. Perihal surat keterangan bebas narkoba itu termasuk syarat khusus” ungkapnya.

Lalu, terkait keluhan para calon peserta program Desa Sarjana yang menilai biaya pemeriksaan surat keterangan bebas narkoba yang cukup tinggi, Padan Impung berpendapat itu bukan ranah pihaknya.

Menurutnya, program ini hanya untuk orang-orang yang serius dan sejauh mana komitmen peserta untuk memajukan desanya masing-masing.

“Saya kira itu urusan kepribadian para calon peserta, karena tidak mungkin kita urus sampai kesana. Namun, yang penting program ini ada untuk lebih meningkatkan SDM dan memajukan desa,” pungkasnya.(ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *