Haul Pangeran Mahrajadinda Ke IV Akan Jadi Agenda Rutin Desa Malinau Seberang

  • Whatsapp

MALINAU, cokoliat.com–Acara  haul dan tahlilan Mahrajadinda ke IV diselenggrakan oleh Pemerintah Desa Malinau Sebrang,  Kecamatan Malinau Utara pada Jum’at,   (10/21). Haul dilaksanakan  di desa Wisata Malinau Seberang. Dihadiri tokoh-tokoh masyarakat,  adat, pemerintah desa dan segenap masyarakat.

Acara Haul Pangeran  Mahrajadinda ke IV dilaksanakan  untuk mengenang dan memperingati wafatnya Pangeran Maharajadinda ke IV yang wafat pada tahun 1968 .

Pangeran H Bangsawan mengatakan bahwa  pelaksanaan haul ini sudah lama direncanakan  yang tujuannya untuk membangkitkan kembali semangat dan suasana makamnya Mahrajadinda IV

“Karena itu adalah salah satu keturunan dan sejarah kerajaan tidung,  patut kita syukuri  kepada semua yang terlibat pada hari ini, terkhusus juga kepada  Kepala Desa Saat ini yaitu Pak Burhan. Beliaulah yang punya gagasan ini sehingga haul dan tahlillan ini dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya

Tokoh Tidung H Basrin yang turut hadir dalam acara Haul tersebut juga menyampaikan , bahwa sebelum ia diberikan gelar Mahrajadinda ke IV , awalnya ia bergelar Pangeran Muda. Karena saat itu masih ada saudara laki-lakinya yang  masih hidup dan setelah saudara laki-lakinya wafat pada Tahun 1950, barulah beliau Diberi ( gelar ) Pangeran Mahrajadinda ke IV.

Ditempat yang sama, Burhan selaku Kepala Desa Malinau Seberang mengungkapkan  bahwa diadakannya haul dan tahlilan Pangeran Mahrajadinda ke IV adalah untuk mengenang kembali jasa-jasa beliau sebagai seorang Pahlawan yang  punya jasa besar dalam menjaga, melindung  masyarakat Tidung maupun yang  lainnya.

“Kenapa kita tidak mengangkat ini , pelihara, menjaganya karena  ini adalah bagian dari  aset sejarah yang melegenda, agar bisa terus dikenang, dipelihara dengan baik sampai ke anak cucu kita dan ke depan. Kami dari pemerintah desa  akan berupaya memfasilitasi untuk dilaksanakan haul dan tahlilan ini secara Rutin setiap tahunnya dan kami juga mengharapkan bisa dapat diinformasikan oleh keluarga-keluarga beliau dimana lagi yang ada makam-makam bersejarah yang berada dimalinau sebrang dan itu akan kita agendakan berikut,” papar Burhan.

(M. Bali)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *