Bupati, Tes CPNS Perlu Kearifan Lokal

  • Whatsapp

MALINAU, cokoliat.com–Bupati  Malinau mengunjungi pelaksanaan tes SKD CPNS yang di selenggarkan pada hari Senin (5/10).

Pada saat diwawancarai terkait pelaksanaan tes SKD CPNS, Bupati  Malinau, Wempi W Mawa mengatakan bahwa para ASN rata-rata yang telah ditugaskan di wilayah pedalaman dan perbatasan Malinau mengajukan permohonan pindah tugas yang membuat formasi di daerah tersebut kosong.

Ia juga berharap ke depan  proses-proses pelaksanaan rekrutmen Aparatur Sipil Negara atau ASN dinilai perlu melibatkan pemerintah daerah, khususnya untuk daerah pedalaman dan perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kabupaten Malinau.

Semua sistem melalui pusat, soal juga dari pusat, tidak ada yang terkait dengan pemerintah lokal atau pemerintah daerah, sementara mereka nanti di tugaskan di daerah perbatasan Malinau. Selama ini rekrutmen CASN hanya melibatkan pemerintah daerah sebagai sebatas pelaksana teknis kegiatan.

“Dalam tes SKD CPNS ini tidak ada tentang kearifan lokal daerah, sehingga jika mereka mengabdi mereka mengetahui tidak mudah seperti yang teman-teman pikirkan, jika mereka di tugaskan di pelosok daerah bertugas beberapa tahun langsung mengajukan surat pindah dengan alasan berbagai macam, sehingga formasi di daerah tersebut kosong lagi,” jelas Wempi W Mawa

Karena minimnya keterlibatan pemerintah daerah khususnya dalam merumuskan kriteria CASN, menurutnya peran pemerintah daerah tak lebih seperti penonton di daerahnya sendiri.

“Kita berharap ada formasi yang di berikan kepada masing-masing daerah, sehingga kita berharap anak-anak kita yang mengikuti tes SKD CPNS ini jika sudah di tugas kan dapat menetap, tidak berfikir baru bertugas beberapa tahun langsung mengajukan surat pindah, begitu pun sebalikan anak Malinau yang mengikut tes di luar Malinau mengajukan surat pindah ke Malinau,” (Rahmawati)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *