Bupati Wempi Tutup Pelatihan, Para Peserta Pamerkan Hasil Karya

MALINAU, Cokoliat.com – Pelatihan menjahit dan payet busana dalam Program 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Malinau, telah usai dilakukan di tempat pelatihan Kantor PKK Malinau, Jum’at (10/9).

Pelatihan yang diinisiasi oleh TP-PKK Malinau dan bekerjasama dengan pihak perusahaan PT. Mitrabara Adiperdana Tbk ini pun telah ditutup secara resmi oleh Bupati Malinau, Wempi W Mawa.

Pada kesempatan itu, Bupati Wempi berharap agar ilmu yang didapatkan oleh para peserta dapat bermanfaat.

Bupati mengungkapkan, bahwa keterampilan menjahit dan payet busana pasti sangat dibutuhkan.

Baik dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dalam upaya pengembangan sektor pariwisata.

“Jasa menjahit ini pasarnya sangat tersedia, apalagi warga yang membutuhkan jahitan atau pakaian khas adat yang berkualitas dan bermutu,” ujarnya, Jum’at (10/9/2021).

Tak hanya itu, tambahnya, jika hampir dalam setiap upacara adat menggunakan pakaian bermotif batik atau adat daerah, pasti kedepan akan banyak peminatnya.

Oleh karena itu melalui pelatihan ini, diharapkan dapat menciptakan para penjahit atau perancangan busana yang siap dan mandiri dalam dunia kewirausahaan.

Sementara, Ketua TP-PKK Malinau, Ny. Maylenty Wempi mengaku akan terus memantau perkembangan para peserta pelatihan ini kedepan.

Namun ia berharap, selepas pelatihan ini, para peserta dapat segera mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan.

“Selain meningkatkan kompetensi, para peserta juga bisa meningkatkan pendapatan dalam berwirausaha lewat program pelatihan ini, intinya bisa mandiri,” katanya.

Ia menambahkan, pada pelaksanaannya peserta yang telah mengikuti program pelatihan keterampilan selama 10 hari ini berjalan dengan baik, hari ini para peserta telah menampilkan hasil karya dari pelatihan yang mereka ikuti.

Diketahui, para peserta pelatihan berjumlah 40 orang terbagi menjadi 2 kelompok, yakni 20 peserta pelatihan menjahit dan 20 peserta pelatihan payet busana.

Kegiatan diselenggarakan dalam selama 10 hari , dan melibatkan para wanita atau Ibu Rumah Tangga di wilayah Kabupaten Malinau.(ag)