PTM Terbatas, Satpol PP Dikerahkan Pantau Penerapan Prokes di Sekolah

MALINAU, Cokoliat.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malinau mengerahkan personelnya untuk mengawasi siswa agar tidak berkumpul usai pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, Selasa (7/9/2021).

   Kasatpol PP Malinau, H. Kamran Daik mengatakan, para personel akan diterjunkan untuk melakukan pengawasan selama PTM Terbatas berjalan.

“Kita ingin antisipasi agar tidak ada lagi pelajar yang usai PTM berkerumun atau kumpul-kumpul,” ujarnya usai meninjau kesiapan Prokes Sekolah di SMPN 1 Malinau Kota, Selasa (7/9/2021).

Ia menambahkan, selama dibukanya kembali pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Kabupaten Malinau, pihaknya telah mengeluarkan intruksi kepada para personilnya terkait pengawasan Prokes selama masa PTM Terbatas.

“Jadi saya sudah mengeluarkan Sprint (Surat Perintah) bagi para personil Satpol PP untuk melaksanakan tugas terhadap pengawasan prokes bagi para siswa selama berjalannya PTM terbatas,” ungkapnya.

Secara teknis, pihaknya akan rutin memantau dan memeriksa kesiapan sarana prasarana disejumlah sekolah yang tersebar di 4 Kecamatan yaitu Malinau Kota, Malinau Utara, Malinau Barat dan Mentarang.

“Pelaksanaan tugas itu kita berlakukan mulai hari ini, dan para personel pun akan secara bergantian bertugas, mengikuti jadwal PTM Terbatas di sekolah,” ucapnya.

Kamran menargetkan melalui pengawasan itu, salah satunya mencegah para siswa berkumpul usai belajar disekolah.

“Kita berharap, sehebat apapun Prokes kita berlakukan, namun jika tidak disertai dengan kesadaran diri sendiri maka semua akan sia-sia” ucapnya.

Diketahui, para personel Satpol PP dalam satu Minggu akan dikerahkan disejumlah sekolah untuk melakukan pengawasan minimal satu kali secara bergantian.

“Ada beberapa tim yang telah kita bentuk dalam pelaksanaan pengawasan Prokes yang tersebar di sejumlah Kecamatan,” imbuhnya.

Ia mengimbau agar para pelajar segera pulang ke rumah masing-masing usai PTM di sekolah selesai, mengingat kondisi masih pandemi Covid-19.

Bupati Malinau, Wempi W Mawa berharap pelaksanaan PTM terbatas pada hari pertama dapat berjalan baik dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Semua protokol kesehatannya sudah dicek dan ini menjadi awal yang bagus. Kesiapan mulai dari pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dan menjaga jarak dalam kelas. Tadi, proses belajar mengajar pun cukup khidmat dan tertib,” pungkas Bupati Wempi.(ag)