Awal September 2021, Pemkab Malinau Akan Fungsikan Lab PCR untuk Penanganan Covid-19

  • Whatsapp

MALINAU, Cokoliat.com – Laboratorium uji PCR atau polymerase chain reaction saat ini sedang dalam tahap pengerjaan.

Diketahui, ruangan yang semula merupakan bagian dari ruang Laboratorium di RSUD Malinau itu, kemudian direhabilitasi untuk keperluan pemeriksaan Swab PCR dalam mempercepat penanganan Covid-19 di daerah.

Kepala Dinas Kesehatan P2KB Malinau, dr. John Felix Rundupadang mengatakan, setelah tahap rehabilitasi rampung, alat pemeriksa RT-PCR akan langsung diuji coba.

“Rencananya, bulan depan alat PCR tes sudah bisa difungsikan, dan di awal September 2021, sudah bisa dilakukan uji coba lab PCR,” ujarnya, Kamis (26/8/2021).

Dalam rapat bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Malinau dan para anggota DPRD Malinau beberapa waktu lalu, pihaknya juga menyampaikan rehab fasilitas pemeriksa RT PCR tersebut, ditargetkan rampung selambat-lambatnya selama 45 hari kerja.

dr. John Felix Rundupadang menerangkan, Dinas Kesehatan juga telah menyiapkan pengadaan fasilitas penunjang pengoperasian mesin PCR tersebut.

Alat pemeriksa RT-PCR tersebut, terangnya, merupakan hibah BNPB Pusat untuk 2 Kabupaten yang berada di wilayah Perbatasan RI-Malaysia di Provinsi Kalimantan Utara, Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Malinau.

“Dari pihak pelaksana, pabrikasi alat dan kelengkapan akan siap dalam seminggu. Untuk peralatan dan kelengkapan pendukung dari dana DAK dan APBD, jadi awal September lab PCR akan segera rampung, dan bisa segera difungsikan,” pungkasnya.(ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *