Realisasi Penyaluran BSB Selama Masa PPKM di Malinau Masih 39,49 Persen

MALINAU, Cokoliat.com – Progres penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) masih mencapai 39,49 % di Kabupaten Malinau.

Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Tanjung Selor, Faqih Rudi Marjatmo menyampaikan, BSB telah tersalurkan ke 7 wilayah kecamatan di Kabupaten Malinau.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat virtual koordinasi dan monitoring penyaluran BSB PPKM 2021 kabupaten/kota oleh Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Utara.

“Data sementara, penyaluran bantuan beras telah tersalurkan di 7 kecamatan dari 15 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Malinau,” ujarnya dalam rapat virtual tersebut, Selasa (3/8) lalu.

Menurut data Kementerian Sosial RI, penerima bantuan sosial beras atau BSB di Kalimantan Utara berjumlah 30.146 penerima.

Tiap keluarga penerima manfaat atau KPM, baik KPM Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH) masing-masing mendapatkan 10 kilogram beras Bulog.

Sementara untuk update penyaluran per 2 Agustus 2021, realisasi penyaluran BSB di kabupaten/kota seluruh Kalimantan Utara mencapai 40 persen.

Di Kabupaten Malinau, penerima BSB berjumlah 3.444 KPM. Dengan rincian 1.866 KPM BST dan 1.578 KPM PKH.

“Untuk progres penyaluran BSB di Malinau mencapai 39,49 persen. Dari total 3.444 penerima, sebanyak 1.360 KPM di Malinau telah mendapatkan bantuan tersebut,” ujar Faqih.

Sementara ini, Pos Indonesia masih dalam proses penyaluran BSB ke 8 wilayah kecamatan lainnya. BSB telah menjangkau 7 wilayah kecamatan terdekat di Kabupaten Malinau.

“Informasi dari Kantor Pos Cabang Malinau, masih ada 8 Kecamatan lagi yang saat ini dalam proses penyaluran. Sementara 7 kecamatan di wilayah ibu kota telah terealisasi,” katanya.

Pihaknya mengakui keterlambatan penyaluran di 8 wilayah tersebut dikarenakan akses dan moda transportasi yang terbatas.

Selain itu, faktor cuaca ekstrem selama beberapa pekan terakhir menjadi kendala penyaluran BSB ke wilayah tersebut.

“Kendala akses, tapi akan kami upayakan tersalurkan secepatnya,” pungkasnya.(ag)