Izinkan Salat Idul Adha Digelar, Wempi : Taati Prokes

Wempi W Mawa

MALINAU, cokoliat.com –  Pemerintah Kabupaten Malinau mengizinkan salat Idul Adha 2021 tetap digelar, meski masih dalam suasana pandemi Covid-19. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor: 443.1/276/HUKUM tentang panduan ibadah Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H yang akan dilaksanakan 20 Juli mendatang.

Dalam surat edaran Surat Edaran tersebut, ada beberapa poin yang menjadi catatan Bupati Malinau. Salah satunya, pelaksanaan Salat Idul Adha di lapangan, masjid atau ruangan harus dengan syarat tetap memenuhi prosedur protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Disiplin prokes diwajibkan, mengingat saat ini di Kabupaten Malinau masih ditemukan imported cases (kasus import) dan transmisi lokal di masyarakat, meskipun jumlahnya sudah melandai. Mengantisipasi adanya lonjakan paska Idul Adha, petugas di tempat ibadah diminta melakukan pengawasan penerapan prokes di area tempat pelaksanaan ibadah.

Petugas di Masjid juga diharuskan melakukan pembersihan dan disinfeksi di area tempat pelaksanaan sebelum dan setelah pelaksanaan kegiatan ibadah. Selain itu, menyediakan fasilitas cuci tangan, pengecekan suhu dan menerapkan  pembatasan jarak  dengan memberikan  tanda khusus.

“Mengantisipasi adanya masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 lewat penyebaran transmisi lokal, kita berharap agar masyarakat bisa bekerja sama. Masyarakat juga harus siap dengan pembatasan-pembatasan yang ada, terutama jika berpotensi menimbulkan kerumunan,” ucap Bupati Malinau, Wempi W Mawa, Sabtu (17/7/2021).

Ia menambahkan, saat ini semua pihak termasuk masyarakat, sedang dituntut sabar dan kuat untuk sama-sama berjuang dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda.

“Pelaksanaan salat Idul Adha tetap kita laksanakan, namun dengan catatan penting harus tetap menerapkan prokes,” tuturnya.

Wempi juga mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan, dengan tetap berolahraga dan menguatkan imun tubuh.

“Semoga pandemi ini cepat berakhir dan suasana kembali normal. Salah satunya pada sektor ekonomi masyarakat. Semoga dapat kembali stabil,” harapnya. (ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *