Kunker Bupati ke Sungai Tubu;  Bupati Instruksikan Pendampingan Musrenbangdes

  • Whatsapp

MALINAU.cokoliat.com—Bupati, Wempi W. Mawa dan Wakil Bupati, Jakaria serta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Sungai Tubu, salah satu kecamatan yang berada di wilayah pedalaman Kabupaten Malinau. Untuk sampai ke Sungi Tubu diperlukan sehari perjalanan darat dari ibu kota Malinau.

Di sela-sela waktu senggang Bupati  mengajak 5 kepala desa untuk berdiskusi terkait infrastruktur, pendidikan dan kesehatan disetiap desa yang tersebar di kecamatan ini. Turut hadir dalam diskusi tersebut  Wakil Bupati Malinau Jakaria, Seketaris Daerah Ernes Silvanus, Kepala Dinas Kesehatan serta sejumlah kepala OPD lainnya.

Bupati dan Wakil Bupati serta Rombongan berangkat dari Malinau ke Desa Ranau Kecamatan Sungai Tubu pada Selasa  (15/6), mengunjungi daerah pedalaman.

Dalam diskusi santai tersebut Bupati Wempi W. Mawa menyampaikan berbagai hal terkait dengan perkembangan desa pada saat ini.

“Saya pernah berkunjung kedesa Long Nyau pada itu saat masih di LP3MD . Saat itu keadaan rumah masyarakat apa adanya. Sekarang sudah mulai mengalami perubahan,” ungkapnya.

Untuk  memacu perubahan, Bupati mendorong agar masyarakat aktif hadir dalam musrenbang desa agar bisa bersama sama terlibat dalam merencanakan pembangunan desa masing-masing.

“Saat ini saya sudah menjadi Bupati. Tentu kita sama-sama punya tanggungjawab,” ungkapnya.

Bupati berpesan agar pemerintah desa serius dan fokus dalam menggunakan dana desa guna membangun kebutuhan dasar masyarakat. Secara khusus salah satu kebutuhan mendasar warga di sana adalah penataan lingkungan pemukiman dan pemukiman, sanitasi lingkungan serta fasilitas penunjang kesehatan keluarga atau rumah tangga.

Pada diskusi tersebut beberapa kepala desa mengutarakan kesulitan dalam menggunakan dana desa untuk belanja kebutuhan di desa seperti fasilitas dalam kantor desa dan untuk kebutuhan warga. Mereka sangat berharap ada solusi. Mereka juga berharap agar pemerintah terkhusus BPMD hadir mendampingi proses musrenbangdes.

Menanggapi soal kehadiran BPMD, Bupati mengatakan akan segera meminta Sekda agar ke depan melakukan pengawasan kepada OPD khususnya BPMD agar selalu hadir ditengah tengah masyarakat.

(m bali)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *