Wabup Jakaria Sampaikan Usulan Strategis dalam RPJMD Provinsi Kaltara

  • Whatsapp

MALINAU, cokoliat.com – Wakil Bupati Malinau, Jakaria mengatakan dalam usulannya, bahwa kebutuhan masyarakat Kabupaten Malinau dalam mendukung RPJMD Provinsi Kaltara ialah terkait kualitas lingkungan hidup.

Wakil Bupati Jakaria menerangkan, bahwa isu strategis saat ini, khususnya di Kabupaten Malinau salah satunya, menurunnya kualitas lingkungan hidup karna luas wilayah Malinau meliputi setengah Provinsi Kalimantan Utara.

“Jadi isu untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup, juga sangat diperlukan masyarakat Malinau,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kabupaten Malinau, Jakaria saat mengikuti Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimanta Utara 2021-2026 secara virtual, Selasa (15/6/2021).

Jakaria menambahkan, isu ini juga dapat berdampak pada normalisasi aliran Sungai di wilayah Malinau.

“Ada 3 sungai besar yang jadi perhatian terkait normalisasi tersebut, diantaranya Sungai Sesayap, Malinau dan Mentarang. Karna isu ini juga penting untuk dua Kabupaten, yakni Malinau dan KTT,” jelasnya.

Menurutnya, hal ini penting karna Sungai-sungai di Malinau sudah lama tidak di normalisasikan, sehingga menimbulkan dampak lingkungan atau sampah limbah kayu yang menumpuk dan dapat menyebabkan banjir.

“Ini sangat berbahaya sekali Pak Gubernur, untuk aliran Sungai dan masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran tersebut. Terlebih aliran Sungai ini juga terhubung dengan wilayah lainnya,” ucapnya.

Ia berharap semoga isu lingkungan hidup tersebut, juga dapat menjadi prioritas dalam RPJMD Provinsi Kalimantan Utara.

Selebihnya untuk usulan strategis lainnya, terkait kebutuhan pembangunan dalam mendukung RPJMD Kaltara, jajaran Pemkab Malinau telah sampaikan secara tertulis kepada Pemprov Kaltara melalui musyarawarah dengan jajaran OPD Malinau terkait. (ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *