Dukung Program Rasda Plus, PT MA Bantu Pemkab Malinau Realisasikan Perawatan Jalan Tani

  • Whatsapp

MALINAU, Cokoliat.com – Untuk meningkatkan produksi pertanian dan mempermudah petani dalam akses transportasi, Pemerintah Kabupaten Malinau melaui Program Prioritas Rasda Plus, merealisasikan perawatan jalan tani di beberapa Desa, salah satunya di Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat, Kabupaten Malinau.

Perawatan jalan tani di program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Malinau, difokuskan bagi kelompok tani yang aktif dan hasil pertaniannya baik serta produktif.

Gde Agus, Kepala Departemen CSR PT. Mitrabara Adiperdana (PT. MA) mengatakan, dalam rangka mendukung program 100 hari kerja Bupati Malinau, terutama di program Rasda Plus pihaknya diminta ikut berkontribusi untuk mensukseskan program tersebut.

Jadi dalam rangka 100 hari rencana kerja Bupati Malinau, kata Gde Agus melalui sambungan telepon, Selasa (1/6/2021), ada target 100 Km perawatan jalan tani yang sudah dibangun sebelumnya.

“Dengan beberapa target seperti di wilayah jalan tersebut, kelompok tani nya aktif dan hasil pertaniannya juga sudah baik dan produktif. Jadi perawatan jalan tersebut intinya untuk memaksimalkan hasil pertanian yang ada di wilayah tersebut,” jelasnya.

Gde Agus menguraikan, perawatan jalan tani di 100 hari kerja dari program Rasda Plus Bupati Malinau, dengan rencana realisasi 100 Km dibagi oleh 3 perusahaan tambang yang ada di Kabupaten Malinau.

“Perawatan jalan tani ini dibagi target penyelesaiannya oleh 3 perusahaan di Malinau, yaitu PT. BDMS-MA, PT. AMNK, dan PT. KPUC,” urainya.

Diketahui, Bupati Malinau pada Senin (31/5) kemarin, sudah meninjau salah satu lokasi yang menjadi tanggung jawab realisasi perawatan jalan oleh PT. MA di Jalan Gereja Christian Center, Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat.

“Jadi, untuk pihak kami (PT. MA) total perawatan jalan yang ditargetkan ialah sekitar 55 Km, dari total 100 Km dibagi dengan 2 perusahaan lainnya,” ungkap Gde Agus.

Kepala Departemen CSR PT. MA ini menambahkan, dari 55 Kilometer (Km) itu, pihaknya sudah 3 ruas jalan yang telah dikerjakan, termasuk di Desa Tanjung Lapang tersebut.

“Jadi 2 ruas jalan pertama kita kerjakan di daerah Desa Sesua, lalu didaerah areal Desa Tanjung dan Kuala Lapang,” tuturnya.

Spesifikasi perawatan jalan tani juga berbeda-beda di setiap ruas jalan, ungkap Gde, seperti ada yang masih jalan tanah dan masih baik kondisinya, akan lebih dimaksimalkan dengan pembersihan gorong-gorong atau parit agar lebih lancar.

Terakhir, Gde Agus selaku Kepala Departemen CSR PT. MA berharap ketika jalan-jalan tani tersebut sudah diperbaiki, ada peran serta dari para kelompok tani dalam perawatan jalan untuk kedepannya.

“Pihak kami selama ini pun, untuk beberapa jalan tani di wilayah Malinau, tidak hanya di program 100 hari kerja Bupati, pasti akan tetap kita support,” pungkasnya.

Ia berharap, semoga program 100 Km perawatan jalan tani segera tercapai. Tentu dengan dukungan dari Pemerintah Daerah dan pihak perusahaan lainnya. (ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *