Pasca Banjir, PMI Malinau Kembali Salurkan Bantuan Logistik untuk Warga

  • Whatsapp

MALINAU, Cokoliat.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malinau kembali menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir di Malinau.

Sejumlah wilayah di Kabupaten Malinau terendam banjir pada bulan 16 Mei 2021 lalu, dampak dari curah hujan tinggi yang mengguyur banyak kawasan dan bagian hulu Sungai di Kabupaten Malinau.

Beberapa Kecamatan dan Desa telah terendam banjir selama berhari-hari dengan ketinggian air bervariasi, bahkan ada yang sampai menghanyutkan dan merusak beberapa rumah milik warga.

Kepala Markas PMI Malinau, Marco Wildy Samel saat menyalurkan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir paling parah, yakni di Kecamatan Mentarang mengatakan, pihaknya di PMI akan konsisten membantu warga meski dalam kondisi pandemi.

“Sejak adanya bencana banjir pada beberapa pekan lalu, PMI telah menyiagakan Posko beserta personilnya untuk mengantisipasi situasi darurat, termasuk membuka donasi sumbangan bagi warga yang terdampak langsung dari bencana Banjir tersebut,” ucapnya, melalui sambungan telepon seluler, Sabtu (29/5/2021).

Marco menuturkan masyarakat dari Kota Tarakan, kabarnya juga akan ikut memberikan bantuan berupa dana dan bantuan lainnya kepada masyarakat di Malinau.

“Rencananya dari Tarakan juga akan ikut membantu, itu informasi awalnya. Hari Senin nanti mereka akan gunakan Kapal Fery dan mungkin akan tiba di Malinau pada sore harinya,” tuturnya.

PMI mempunyai mandat memberikan bantuan kepada korban bencana, satu diantaranya memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban banjir di Kecamatan Mentarang dan wilayah perkotaan Kabupaten Malinau.

Hal itu menurut Marco, merupakan solidaritas kemanusiaan yang dicanangkan oleh PMI untuk membantu sesama.

Distribusi logistik bencana berupa sembako dan pakaian layak pakai telah pihaknya salurkan di beberapa Desa di Kecamatan Mentarang.

“Beberapa bantuan untuk Desa yang akses nya jauh, logistik kami titipkan di Desa yang lebih bisa dijangkau. Kemudian nanti aparat Desa yang akan mengambil dan membagikannya untuk warga,” jelasnya.

Untuk wilayah perkotaan di Malinau, tambah Marco, pihaknya juga telah salurkan paket bantuan sembako ke beberapa Desa wilayah Kecamatan Malinau Kota dan Malinau Barat.

“Kita juga selektif dalam memberikan bantuan kepada warga. Artinya bantuan akan diberikan kepada warga yang betul-betul terdampak langsung oleh banjir tersebut, seperti bahkan yang airnya masuk kedalam rumah,” pungkasnya.

Diketahui, PMI Malinau telah menyalurkan lebih dari 80 paket sembako untuk warga kebeberapa Desa di 2 Kecamatan yaitu wilayah Malinau Kota dan Malinau Barat. (ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *