Upaya Penanganan Banjir di Bahau Hulu, Pemkab Malinau Siapkan Bantuan

  • Whatsapp

MALINAU, Cokoliat.com – Bupati Malinau, Wempi W Mawa mengatakan, pemerintah daerah akan segera menyalurkan bantuan ke wilayah yang saat ini tengah terdampak banjir bandang.

“Bantuan itu akan kita lihat sesuai dengan urgensinya, dan segera akan disalurkan langsung,” ujarnya.

 

Hal itu disampaikan Bupati Wempi W Mawa dalam Konferensi Persnya di Ruang Kerja Bupati Malinau, Kamis (20/5) terkait penanganan banjir bandang di Bahau Hulu dan Pujungan.

Ia juga menegaskan kepada jajaran Camat dan Kepala Desa yang tengah terdampak oleh bencana banjir, untuk segera berkoordinasi terkait operasional teknis langkah-langkah cepat dan penanganan banjir.

Salah satunya ialah ketersediaan obat-obatan dan bahan makanan pokok bagi masyarakat di dua Kecamatan di Kabupaten Malinau tersebut.

“Penyelamatan masyarakat yang utama, lalu barang-barang kebutuhan pokok dan aset-aset Pemerintah Daerah. Itu yang menjadi prioritas,” ungkapnya.

Semua itu, kata Wempi, pasti dilakukan berjenjang dan harus cepat. Namun, akses transportasi menuju lokasi banjir, saat ini masih belum memungkinkan untuk dijangkau dalam situasi cuaca dan debit air sungai yang tinggi.

“Satu-satunya akses ialah menggunakan pesawat terbang, tapi kondisi curah hujan tinggi juga pasti menghambat,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk 2 Kecamatan yang terdampak saat ini, yaitu Kecamatan Bahau Hulu dan Pujungan, pihak memastikan akan lebih prioritaskan masyarakat yang menjadi korban banjir dan persediaan sembako masih cukup di dalam Desa.

Pastikan sumber energi, urainya, baik itu bahan bakar minyak (BBM), sumber komunikasi dan sumber penerangan harus tetap terjaga, karna hanya itu yang dapat menjadi pertahanan warga bertahan ditengah bencana.

“Saat ini kita syukuri banjir disana sudah turun, sepanjang tidak terjadi hujan lebat di bagian hulu, dipastikan tidak berdampak dalam berkepanjangan. Tetapi segala kemungkinan harus tetap diantisipasi,” pungkasnya. (ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *