Dialog Antarumat Beragama; Cegah Konflik Pererat Komunikasi

  • Whatsapp

MALINAU, cokoliat.com- Kementrian Agama Provinsi dan Kabupaten Malinau menggelar acara dialog  penanganan dan manajemen konflik umat beragama. Dialog bertempat di Aula gedung pertemuan keagamaan kementrian Kabupaten Malinau, Kamis (22/4).

Kegiatan ini untuk memperlancar komunikasi antarormas, tokoh agama, budaya dan etnis. Menumbuhkan wawasan, sikap saling menghargai dan mempercayai di antara pemimpin maupun pemuka agama.

Suriansyah Hanafi kepala kanwil kemenag Kaltara mengatakan bahwa sebagai forum yang menjadi wadah tempat berkumpulnya para tokoh agama dan elemen masyarakat, FKUB mempunyai kewajiban untuk memelihara dan menjaga kerukunan.

“Untuk memelihara kerukunan, kita menginventarisir kearifan-kearifan lokal yang dapat mendukung dan mendorong kerukunan umat beragama,” ungkapnya

Sejauh ini memang belum ada potensi yang mengarah pada konflik antarumat beragama. Tapi upaya pencegahan penting dilakukan untuk mengatasi munculnya konfilk antarumat beragama yaitu hal-hal yang dilakukan untuk mencegah konflik antarumat beragama, di antaranya memberikan pemahaman yang benar tentang kehidupan beragama dan menumbuhkan pemahaman pentingnya menjaga keberagaman keagamaan dalam bingkai NKRI.

Reporter: Rahmawati

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *