Sampah di Kanal Prosehat, Siapa yang Buang?

  • Whatsapp

MALINAU, cokoliat.com–Alun-alun Prosehat Intimung, alun-alun yang berada di tengah kompleks perkantoran pemerintah daerah, telah menjadi ruang publik multifungsi. Setelah pemerintah menata dan mempercantik kawasan tersebut. Menjadi arena olah raga, nongkrong hiburan, bahkan pada saat-saat tertentu Sabtu atau Minggu sore nenjadi pasar masyarakat.

Bagus saja sebab dengan demikian berarti Alun-alun Prosehat telah memberi banyak faedah. Menyehatkan tubuh, meriangkan pikiran, dan membuka ruang ekonomi masyarakat. Bahkan,  semoga, akan merangsang berkembangnya usaha-usaha ekonomi. Generasi milenial dapat memanfaatkan peluang tersebut. Membuat warga jadi kreatif dan produktif secara ekonomi.

Peran warga kemudian adalah menjaga agar Alun-alun Prosehat tetap bersih dan cantik. Jangan ikhlaskan ada sedikit pun kotoran atau sampah tergeletak di sana. Yuk kita sepakati,  para petugas kebersihan nggak usah capek ketika bertugas di sana.

Tapi ya gitu deh, ada saja tangan-tangan yang suka sembarang. Entah, dorang lupa atau sengaja. Jalan sore-sore jajan lalu lemparlah plastik-bungkus jajanan ke kanal. Lemparlan botol bekas minuman ke kanal. Tiap hari, lama-lama ya kanal itu pun kotor. Ekosistemnya terganggu kemudian rusak.

Mulai sekarang, yuk jangan biarkan sampah selembar pun ada di alun-alun. (wyh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *