Mensos Risma Salurkan Bantuan bagi Korban Banjir di Nunukan

  • Whatsapp

Mensos,Tri Rismaharini saat menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir nunukan. (Foto: Kemensos)

NUNUKAN, cokoliat.com – Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini mengunjungi lokasi bencana banjir di Kabupaten Nunukan,  Kalimantan Utara (Kaltara) pada Minggu, (9/1). Salah satu desa yang dikunjungi adalah Desa Atap, Kecamatan Sembakung.

Hal itu merupakan langkah cepat yang dilakukan Pemerintah Pusat kepada warga terdampak bencana banjir di enam Kecamatan di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Mensos Tri Rismaharini dan rombongan saat akan menuju titik lokasi banjir, menyusuri Sungai Sembakung dengan menumpang speedboat. Mensos membutuhkan waktu lebih dari 2 jam sebelum tiba di kawasan yang mengalami banjir tahunan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos Risma lebih banyak mendengarkan aspirasi dan keluhan dari masyarakat korban banjir.

Di antaranya yang menjadi atensi warga adalah kebutuhan untuk merelokasi tempat tinggal, peningkatan kapasitas Kawasan Siaga Bencana (KSB), permasalahan salur bansos, ketersediaan air bersih, dan pembicaraan diplomatik dengan Malaysia karena Sungai Sembakung berhulu di wilayah Malaysia.

Atas aspirasi masyarakat khususnya dari Desa Atap, Kabupaten Nunukan tersebut, Mensos Risma pun mengatakan akan membantu sesuai dengan tugas dan tanggung jawab sebagai Menteri Sosial.

“Untuk itu saya akan membantu berupa pasokan air bersih. Segera saya kirim petugas untuk memastikan bantuan air bersih,” kata Mensos Risma, dikutip dari laman siaran pers Kementerian Sosial RI saat pertemuan bersama warga di Desa Atap, Kecamatan Sembakung.

Selain itu, Mensos juga akan membantu penyediaan perahu untuk penanganan bencana sebagai bagian dari pemenuhan kelengkapan lumbung sosial di kawasan perbatasan RI-Malaysia ini.

“Saya akan bantu dengan dua perahu dengan mesin dan kesediaan bahan bakar. Saya akan bantu dengan perahu yang besar sehingga menampung personel penanganan bencana,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos Risma juga menyerahkan bantuan bagi korban bencana banjir secara simbolis.

Bantuan tersebut dalam bentuk logistik, bantuan lumbung sosial dan peralatan sekolah. Total nilai bantuan sebesar Rp1.074.713.800.

Bantuan tersebut berupa makanan siap saji 1.000 paket, selimut 1.000 lembar, kidswear 200 paket, kasur 200 lembar, peralatan dapur 200 paket. Bantuan buffer stok logistik dari Kemensos tersebut dikirimkan pada Sabtu, 1 Januari 2022 dari Gudang Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Kemudian ada juga bantuan berupa pakaian anak-anak 200 stel, tas sekolah 200 pcs, penjernih air 5 paket, air mineral 1.500 buah, paket kebersihan 100 paket serta popok bayi sebanyak 2.500 pcs, biskuit 1.000 paket, pembalut wanita 250 pack dan pakaian dewasa 200 pcs.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos Risma juga berjanji akan menyampaikan langsung aspirasi dan keluhan warga korban bencana banjir ke Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

“Saya akan menyampaikan permasalahan-permasalahan ini ke Bapak Presiden. Saya mohon bapak ibu bisa menyampaikan kepada saya permasalahan yang terjadi. Karena memang ini (banjir) terjadi hampir di seluruh Indonesia,” imbuhnya.(ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar