Polres Malinau Gelar Operasi Patuh Kayan 2022, Ini 7 Sasaran Pelanggaran Yang Akan Ditindak

Nature

MALINAU, cokoliat.com – Polres Malinau menggelar Operasi Patuh Kayan 2022 selama 14 hari terhitung mulai Senin 13 Juni hingga 26 Juni 2022 mendatang. Ada tujuh prioritas sasaran operasi ini untuk mendisiplinkan masyarakat berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Kabupaten Malinau.

Operasi patuh tersebut dimulai dengan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Mapolres Malinau, Senin (13/6/2022) pagi. Apel tersebut diikuti puluhan personel Polri, TNI, dan stakeholders terkait lainnya.

Tujuh prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran dalam operasi Kayan ini di antaranya, pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara. Kemudian pengemudi/pengendara di bawah umur, berboncengan naik sepeda motor lebih dari satu orang, dan pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm berstandar nasional Indonesia (SNI).

Sasaran berikutnya, pengemudi mobil tidak menggunakan safety belt, pengemudi/pengendara dalam pegaruh alkohol; berkendara melawan arus, dan kendaraan yang melebihi batas kecepatan.

“Kami melaksanakan konsolidasi dalam operasi patuh Kayan tahun ini dengan melibatkan instansi terkait. Operasi ini merupakan operasi cipta kondisi jelang Hari Bhayangkara 1 Juli 2022, selama 14 hari mulai hari ini sampai 26 juni 2022 mendatang,” ujar Kapolres Malinau, AKBP Reza Pahlevi.

Kapolres menerangkan sebagai operasi cipta kondisi maka ada beberapa sasaran pokok yang menjadi atensi pihaknya.

Dia menjelaskan sasaran pertama tetap untuk memutus mata rantai Covid-19 meskipun situasinya sudah landai.

Lalu, jelas Kapolres, operasi ini juga bertujuan untuk mengurangi angka Lakalantas dengan cara pendekatan penegakan hukum dan preventif.

“Dalam penanganan jenis pelanggaran tersebut tetap dilakukan secara persuasif humanis dengan memberikan penindakan secara tegas tapi terukur,” tuturnya.

Operasi Patuh Kayan 2022 merupakan Operasi tahunan yang bertujuan cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Hari Bhayangkara Ke-76 dengan mengangkat tema “Tertib Berlalulintas Menyelamatkan Anak Bangsa”.

Kapolres juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa mendukung pelaksanaan Operasi Patuh Kayan 2022, dengan cara mematuhi peraturan lalu lintas, tertib berlalu lintas di jalan sehingga Kamseltibcarlantas dapat tercapai.(ag)