Dorong Anggota KUBE Tingkatkan Keterampilan

  • Whatsapp
banner 468x60

TANJUNG SELOR , cokoliat.com – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kalimantan Utara (Kaltara), Heri Rudiyono membuka acara Pelatihan Pengolahan Produk Unggulan Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Desa Kelubir, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan. Pelatihan ini diikuti oleh anggota KUBE Wilayah SP7 Desa Salimbatu dan anggota KUBE Desa Kelubir, Kamis (22/10).

Selama ini, Dinsos memberikan bantuan berupa bibit dan peralatan pertanian cabai kepada KUBE wilayah SP7 Desa Salimbatu. Untuk KUBE Desa Kelubir, bantuan yang diberikan berupa alat pengolahan emping jagung.

“Produk unggulan dari SP7 itu adalah cabai, dan dari Desa Kelubir itu jagung. Maka dari itu kami juga mendorong masyarakat untuk meningkatkan keterampilan pengolahan hasil pertanian tersebut menjadi produk yang beragam. Sekaligus juga untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan ibu-ibu disini,” kata Heri.

Guna meningkatkan sumberdaya yang ada, Dinsos Kaltara mendatangkan pelatih dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta. Dengan itu, ia berharap melalui pelatihan yang diberikan, anggota KUBE bisa mengembangkan usahanya. “Misal, dengan mengkreasikan emping jagung dengan cabai menjadi emping jagung pedas. Karena tadi kita gabungkan pelatihannya antara pelatihan pengolahan emping jagung dan hasil pertanian cabai,” jelasnya.

Ia menjelaskan, bantuan KUBE merupakan program pemerintah melalui Kementerian Sosial RI. Namun juga ada yang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltara. Tujuan utama program ini untuk kesejahteraan masyarakat. Yaitu agar masyarakat bisa meningkat taraf hidupnya, dibantu modal. Sehingga bisa meningkatkan hasil usahanya.

Untuk diketahui, pada tahun ini Pemprov Kaltara memberikan bantuan KUBE kepada 39 kelompok di Kaltara dengan total anggaran sekitar Rp 600 juta yang bersumber dari APBD. Masing-masing kelompok mendapatkan Rp 16 juta untuk mengembangkan kegiatan usahanya. Jenis usahanya beragam, ada dari pertanian, peternakan, hingga industri rumah tangga.

Sedangkan bantuan KUBE yang bersumber dari APBN sendiri dianggarkan sebesar Rp 1 miliar yang diberikan kepada 50 kelompok di Kota Tarakan. Dimana masing-masing kelompok mendapatkan Rp 20 juta untuk mengembangkan usahanya.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kontrak kerjasama pengadaan cabai untuk kebutuhan dapur katering Koperasi Kayan Jaya Bersama dengan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Sumber Pangan SP7 Desa Salimbatu. Perjanjian kontrak kerja sama tersebut untuk menjamin terserapnya produksi hasil pertanian cabai masyarakat setempat.(humas)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Komentar