Politisi Muda Jawab Tantangan, Ahmad Usman Kembalikan Pendaftaran Bacawali ke Hanura

Ahmad Usman menyampaikan ajakannya berperahu bersama Hanura saat mengembalikan berkas Bacalon Wali Kota Tarakan, Rabu (8/5/2024) malam.

 

TARAKAN, Cokoliat.com – Komunikasi dan kedekatan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Hanura kembali menjadi pengingat Ahmad Usman saat mendaftar penjaringan bakal calon Wali Kota Tarakan, Rabu (8/5/24).

 

“Kalau sebelumnya di DPRD Kaltara, PKB menumpang di Fraksi Partai Hanura. Hari ini saya kira diberi tumpangan untuk naik di atas kapal Hanura bisa bersama membangun Tarakan,” kata Ahmad Usman.

 

Disambut pengurus Partai Hanura, Ahmad Usman menyampaikan Kesiapannya untuk maju dalam kontestasi Pilwali, disebutnya berangkat dari pemikiran kader partai harus tampil.

 

Partai politik yang merupakan pilar demokrasi, harus dijawab dengan persiapan kader. Mematahkan stigma kader politik tidak siap, melegitimasi ketidakmampuan untuk bertarung di Pilkada.

 

“Pengkaderan dari parpol lah sejatinya pintu kepemimpinan. Dari pertimbangan itu, kami putuskan siap bertarung di Pilkada,” imbuhnya.

 

Selain itu, representasi anak muda yang belakangan pada ada 3 masa periodisasi pemilu, ternyata kepercayaan masyarakat pada politisi muda berkembang. Mulai dari Pemilu 2014, kemudian pada Pemilu 2019 dan di Pemilu 2024 ini.

 

Kekhawatirannya, anak muda pada akhirnya hanya menjadi hiasan politik. Keberadaan anak muda merupakan harapan perubahan, diberikan kepercayaan masyarakat terlihat dari jumlah persentase pemuda yang terpilih di legislatif semakin besar.

 

“Justru itu, kami dari politisi muda mau menjawab tantangan itu. Politisi muda bisa berkiprah dan berangkat dari pengalaman yang sudah ada sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah selama ini. Baik mengawal perencanaan dan pengawasan,”  ujarnya.

 

Ia berharap dengan Hanura, kerjasama yang sudah berjalan panjang berangkat dari kursi yang sedikit bisa kembali berjuang bersama di Pilkada Tarakan.

 

“Tahun 2019, PKB berhasil memimpin DPRD Tarakan dan Hanura bersama kita di unsur pimpinan. Harapan besar, kami dari PKB bisa bekerjasama membangun chemistry kita yang sudah lama untuk menuntaskan pembangunan di Tarakan. Politik adalah jalan pengabdian,” tandasnya.

 

Menanggapi pengembalian berkas yang dilakukan Ahmad Usman, Ketua Tim Penjaringan Partai Hanura Tarakan, Tarmiji menuturkan sebagai kader terbaik di PKB, Ahmad Usman memiliki peluang untuk maju di Pilkada.

 

“Beliau adalah kader terbaik di PKB. Berkipraih di DPRD  Tarakan dan DPRD Provinsi. Sehingga kita menyambut baik atas kehadiran mendaftar ke Hanura. Semoga Ahmad Usman menjadi salah satu kandidat yang diusung dan menjadi pertimbangan kita,” katanya.

 

Sementara itu, Ketua DPC Partai Hanura Tarakan, Yulius Dinandus mengungkapkan perjalanan panjang kedekatan PKB dan Hanura.

 

“Selama ini PKB dan Hanura selalu bersama. Kami tetap utamakan nafas itu. Pak Usman juga salah satu sosok yang saya kagumi, konsep politik masih akan berlanjut,” ungkapnya.

 

Yulius berharap 10 tahun kerjasama sudah berjalan, bisa berlanjut. Selama ini, Hanura dan PKB selalu bersama-sama dan mudah-mudahan begitu juga di Pilwali November 2024 nanti.

 

“Siapa pun kepala daerah, yang mereka jalankan yang Hanura dan PKB inginkan yaitu kesejahteraan masyarakat serta pengembangan Kota Tarakan itu paling penting. (*/saf)