Kursi DPRD Kaltara Dapil Malinau, Berpeluang Diisi Wajah Baru

Proses perhitungan suara yang dilakukan belum lama ini di Malinau.

 

MALINAU, Cokoliat.com – Perhitungan suara di laman resmi KPU, Pemilu2024.kpu.go.id hingga pukul 13.00 Wita, Kamis (22/2/2024) untuk Pileg DPRD Kaltara Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Malinau sudah pada progres 43,97 persen.

 

Dari real count KPU ini, diperkirakan kursi DPRD Kaltara dari Dapil Malinau bakal diisi wajah baru. Dari 13 Parpol yang ikut serta dalam kontestasi Pileg tahun ini mengusung total 72 Caleg. Memperebutkan 4 kursi di DPRD Kaltara, kemungkinan hanya 1 petahana yang tetap menjabat.

 

Berdasarkan data 43,97 persen ini, sudah terinput perolehan suara dari 124 dengan total 282 TPS di seluruh Malinau. Sementara ini, ada 5 nama yang berada di posisi teratas 4 diantaranya merupakan Caleg nama baru. Dan hanya 1 merupakan anggota DPRD Petahana yang mewakili Dapil 3 Kaltara.

 

Posisi perolehan suara terbanyak pertama, dari partai Demokrat dengan nama Listiani yang memperoleh 2.647 suara. Listiani merupakan pendatang baru yang bakal bersaing dengan politisi lain dari partainya.

 

Perolehan suara Listiani tidak terlalu jauh dengan caleg di urutan kedua, Hendri Tuwi yang juga dari Partai Demokrat. Caleg nomor urut 1 yang merupakan petahana ini mendapatkan 2.164 suara.

 

Pada urutan ketiga kembali dengan wajah baru dari Partai Gerindra, Agus Salim yang berhasil meraup 1.727 suara. Pada pertarungan Pileg ini, Agus Salim berada di nomor urut 2 dan mendapatkan perolehan suara terbanyak di partainya.

 

Posisi keempat, Robinson Tadem dari Partai Golkar. Saat ini beliau masih menjabat di DPRD Malinau dan mencoba peruntungan untuk naik ke tingkat provinsi dan berhasil mengantongi 1.197 suara.

 

Selanjutnya dari Partai PDI Perjuangan yang berada di suara terbanyak kelima, Nuardian dengan 578 suara. Partai dengan lambang kepala banteng ini sendiri, secara keseluruhan mendapatkan suara sah dari calon dan partai sebanyak 1.593.

 

“Dari 4 Dapil di Kaltara, Malinau merupakan Dapil 3 dengan 282 TPS. Pada Pileg DPRD Provinsi, Malinau memiliki total 4 kursi untuk Dapil 3 Kaltara,” ujar Komisioner Bidang Teknis Penyelenggaraan KPU Malinau, Indra Gunawan. (saf)