Partisipasi Pemilih Diatas 80 Persen, Bupati Malinau Apresiasi Warganya

 

MALINAU, Cokoliat.com – Partisipasi pemilih pada Pemilu Tahun 2024 di Malinau meningkat signifikan dibandingkan pada Pemilu sebelumnya. Hingga tutupnya waktu pencoblosan, hampir disemua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di wilayah perkotaan Malinau bahkan lebih dari 80 persen.

 

Bupati Malinau, Wempi W Mawa yang melakukan peninjauan langsung ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kecamatan Malinau Kota, mengapresiasi tingginya partisipasi warganya.

 

“Kami sudah pantau TPS di 4 kecamatan, memang ada peningkatan. Di Kecamatan Malinau Kota, Malinau Utara dan Malinau Barat kemudian Mentarang, dari kebanyakan TPS yang kami cek, partisipasi pemilihnya rata-rata hampir 90 persen. Kami apresiasi partisipasi Pemilu ini,” ujarnya, saat ditemui usai meninjau di TPS Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat, Rabu (14/2/2024)

 

Tidak hanya meyakini meningkatnya partisipasi pemilih yang cukup signifikan pada periode suksesi kepemimpinan Pemilu 2024 ini, semua tahapan yang dilakukan hingga perhitungan suara juga masih kondusif.

 

Hasil pantauan bersama Forum Kerukunan Pimpinan Daerah (FKPD) Malinau saat memeriksa keamanan dan kondusifikas di TPS, Wempi menyebut sesuai daftar hadir sampel TPS menunjukkan rata-rata di atas 80 persen hingga 90 persen.

 

“Ada 2 hal yang kami cek di setiap TPS, pertama kami tanyakan soal keamanan dan rata-rata kondusif, lancar. Kemudian tingkat partisipasi pemilih, dan memang hasilnya luar biasa. Animo masyarakat tinggi,” katanya.

 

Animo masyarakat bahkan sudah terlihat jauh hari sebelum pemungutan suara dilakukan. Riak pembahasan soal caleg pilihan hingga pasangan calon presiden bahkan sudah ramai di hampir semua lapisan masyarakat di Malinau.

 

Wempi juga mengapresiasi kreativitas sejumlah TPS yang diantaranya ada yang memberikan door prize untuk menarik pemilih memberikan hak suaranya. Salah satunya di TPS Desa Pelita Kanaan, Kecamatan Malinau Kota, setiap pemilih yang telah melakukan pencoblosan akan diberikan kupon yang nantinya menjadi door prize untuk mendapatkan hadiah.

 

“Pokoknya aura persatuan dan kesatuan sangat terlihat dalan proses penyelenggaraan pemilu di Malinau. Saya harapkan proses yang saat ini sudah berjalan aman dan damai, jangan dicederai. Siapapun yang terpilih, mari saling menghargai, itulah demokrasi yang hakiki. Artinya, kita semua besama-sama membangun Malinau,” tandasnya. (saf)